SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Daya Tarik Pelajaran Kimia dan Pembelajaran kimia Berbasis Inkuiri terhadap Peseta Didik di Kota Malang

Riko Baharuddin

Abstrak


ABSTRAK

 

Kimia memiliki karakteristik salah satunya adalah sebagian kimia bersifat abstrak. Keabstrakan ini menjadikan kimia sebagai pelajaran yang sulit. Kesulitan tersebut yang menyebabkan minat peserta didik dalam belajar kimia terus menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut harus diterapkan metode pembelajaran yang tepat. Metode yang dapat digunakan dalam pelajaran kimia salah satunya adalah metode pembelajaran inkuiri. Metode pembelajaran inkuiri memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari cara menemukan fakta, konsep dan prinsip melalui pengalamannya secara langsung. Peserta didik yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri lebih tertarik terhadap pelajaran kimia daripada mereka yang diajarkan dengan metode konvensional. SMA/MA di Kota Malang telah menerapkan pembelajaran inkuiri, yang seharusnya membuat peserta didik lebih tertarik dan termotivasi terhadap pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan daya tarik pelajaran kimia dan pembelajaran inkuiri terhadap peserta didik di Kota Malang.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IPA SMA/MA di Kota Malang yang terdiri dari 43 sekolah SMA/MA swasta maupun negeri. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purpose sampling yaitu sampel yang bertujuan. Subjek dipilih sebanyak 6 sekolah dari SMA/MA yang telah menerapkan metode pembelajaran inkuiri. Sampel pada masing-masing sekolah tersebut diwakili oleh 30 peserta didik dengan masing-masing tingkat sebanyak 10 orang sehingga diperoleh sampel sebanyak 180 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner dan pertanyaan terbuka. Analisis data melaui tiga tahapan yaitu: 1) menentukan skor dari jawaban peserta didik; 2) mencari persentase jawaban responden terhadap skor ideal; dan 3) menentukan kategori.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase daya tarik pelajaran kimia terhadap peserta didik di Kota Malang yaitu 68% dengan kategori kurang dan rata-rata persentase daya tarik pembelajaran kimia berbasis inkuiri terhadap peserta didik di Kota Malang yaitu 71% dengan kategori cukup.