SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) - Mind Map terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Asam Basa

Pipit Islamiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Islamiyah, Pipit. 2017. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) - Mind Map terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Asam Basa”. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Marfu’ah, M.S. (II) Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si

 

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Mind Map, Hasil Belajar, Asam Basa.

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang ditempuh pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di tempat KPL dan penelitian, sebagian besar siswa kelas XI SMA kesulitan memahami materi kimia. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa tergolong rendah dan siswa sering mengeluh bahwa pelajaran kimia itu sulit. Salah satu materi kimia yang dipelajari pada kelas XI yaitu materi asam basa. Yustiadi melaporkan bahwa pemahaman siswa pada konsep asam-basa Lewis hanya sekitar 42,14%. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu langkah untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar kimia yaitu menerapkan strategi pembelajaran yang relevan. Strategi pembelajaran yang dapat ditempuh oleh guru yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dipadukan dengan Mind Map.

Rancangan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasy experimental) dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN Yosowilangun. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan clutser random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share – Mind Map dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 1 yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (silabus, RPP, Lembar Kerja Siswa) dan instrumen pengukuran. Data keterlaksanaan proses pembelajaran, hasil belajar afektif dan psikomotorik dianalisis secara diskriptif, sedangkan data hasil belajar kognitif dianalisis statistik dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran dari kelima pertemuan untuk siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perpaduan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS –Mind Map dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata keterlaksanaan proses pembelajaran dari kelima RPP pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perpaduan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS –Mind Map sebesar 91,74% dan  siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS sebesar 91,87%. (2) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS –Mind Map dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS. Rata – rata nilai hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS –Mind Map lebih tinggi (𝑥̅ = 80,0) daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS (𝑥̅  = 75,65). (3) Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,667, dengan kriteria hubungan korelasi kuat.