SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Adsorpsi pada Adsorben Silika-Selulosa-Surfaktan terhadap Bromtimol Biru dan Fluorosein

lutfiyatul mukhlisah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mukhlisah, Lutfiyatul. 2017. Studi Adsorpsi pada Adsorben Silika-SelulosaSurfaktan terhadap Bromtimol Biru dan Fluorosein. Skripsi, JurusanKimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D.,(II) Dr. H. Yudhi Utomo, M.Si.

 

Kata Kunci: bromtimol biru, fluorosein, silika-selulosa-surfaktan

Fluorosein dan bromtimol biru merupakan suatu zat pewarna organik yang biasanya dimanfaatkan sebagai indikator asam dan basa. Penggunaan senyawa tersebut dibatasi karena termasuk senyawa yang berbahaya, sehingga perlu metode monitoring yang tepat. Salah satu tahap dalam penentuan kadar zat melibatkan tahap pemisahan.Adsorpsi merupakan salah satu metode pemisahan yang sering digunakan. Pada penelitian ini, adsorben yang digunakan adalah adsorben silika-selulosa yang dimodifikasi dengan adanya penambahan surfaktan (n-CTMABr). Penambahan surfaktan pada adsorben bertujuan untuk meningkatkan kepolaran, menurunkan tegangan permukaan, serta menyeragamkan pori-pori pada adsorben. Tujuan penelitian iniadalah untuk (1) menghasilkan silika-selulosa-surfaktan, (2) mengkarakterisasi adsorben meliputi kadar air, kadar abu, massa jenis, daya serap iod, dan FT-IR, (3) mengetahui keterpisahan bromtimol biru dan fluorosein dengan menggunakan KLT preparatif, (4) mengetahui daya adsorpsi adsorben silika-selulosa-surfaktan terhadap bromtimol biru dan fluorosein dengan metode batchdan (5) mengetahui interaksi di permukaan adsorben dengan menggunakan UV-Vis dan FT-IR.

Penelitian ini terdiri dari 5 tahap antara lain: (1) pembuatan adsorben, (2) karakterisasi adsorben, (3) penerapan adsorben untuk pemisahan bromtimol biru dan fluorosein dengan KLT preparatif, (4) uji kemampuan adsorpsi adsorben silika-selulosa-surfaktan terhadap bromtimol biru dan fluorosein dengan metode batch, dan (5) analisis interaksi dipermukaan adsorben dengan UV-Vis dan FT-IR.

Hasil yang diperoleh adalah (1) adsorben silika-selulosa-surfaktan berupa serbuk berwarna putih, (2) karakteristik fisik menunjukkan kualitas yang baik ditunjukkan kadar air dan daya serap terhadap iod, (3) adsorben silika-selulosa-surfaktan mampu memisahkan campuran bromtimol biru dan fluorosein, (4) fluorosein lebih terserap oleh adsorben silika-selulosa-surfaktan dibandingkan dengan bromtimol biru, dan (5) terjadi pelebaran pita pada spektrum FT-IR,yang dapat membuka kemungkinan adanya interaksi namun tidak dapat dijelaskan interaksinya secara jelas. Sedangkan pada UV-Vis panjang gelombang maksimum setalah dan sebelum adsorpsi tidak bergeser serta absorbansinya mengalami perubahan yang berarti terjadi interaksi fisika.