SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Penyerapan Kurkumin dan Klorofil pada Silika-Selulosa-Surfaktan dengan FT-IR dan UV-Vis

Aisyah Nurita Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Aisyah Nurita. 2017. Studi Penyerapan Kurkumin dan Klorofil pada SilikaSelulosa-Surfaktan dengan Spektroskopi FT-IR dan UV-Vis. Skripsi.Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Surjani Wonorahardjo,Ph.D., (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si.

 

Kata Kunci: Penyerapan (Adsorpsi) , Kurkumin, Klorofil, UV-Vis, FT-IR, Silika-Selulosa-Surfaktan

Pemisahan kimia terjadi sampai ke skala molekuler (sampai partikel terkecil). Salah satu contohnya adalah penyerapan (adsorpsi). Kurkumin dan klorofil merupakan pewarna alami yang terdapat pada tumbuhan sehingga untuk mendapatkan zat warna kurkumin dan klorofil perlu dilakukan pemisahan misalnya dengan menggunakan suatu adsorben yaitu silika-selulosa-surfaktan yang masih belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui pembuatan dan karakteristik fisik silika-selulosa-surfaktan sebagai adsorben berdasarkan hasil analisis FT-IR (Fourier Transform Infra-Red), penentuan massa jenis, kadar air, kadar abu, dan daya serap terhadap iod, (2) mengetahui daya adsorpsi yang dihasilkan adsorben terhadap kurkumin, klorofil, dan campurannya dengan metode adsorpsi batch dan KLT, dan (3) mengetahui interaksi dipermukaan antara adsorben silika-selulosa-surfaktan dengan krukumin, klorofil dan campurannya jika dianalisis berdasarkan FT-IR dan UV-Vis.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) pembuatan adsorben silika-selulosa-surfaktan, (2) karakterisasi adsorben, (3) aplikasi silika-selulosa-surfaktan sebagai adsorben terhadap adsorpsi kurkumin, klorofil, dan campurannya, (4) analisis interaksi di permukaan antara adsorben dengan senyawa klorofil, kurkumin, dan campurannya dengan  UV-Vis, dan (5) analisis interaksi di permukaan antara adsorben dengan senyawa klorofil, kurkumin dan campurannya dengan FT-IR.

Hasil penelitian yang diperoleh (1) Hasil karakterisasi fisik adsorben silika-selulosa-surfaktan sebagai berikut: massa jenis 2,77 g/mL, kadar air 4,59%, kadar abu 89,95%, dan daya serap terhadap larutan iod 14,34%. Hasil analisis FT-IR pada bilangan gelombang 2897,08 cm-1 menunjukkan vibrasi ulur O-H pada gugus silanol (≡Si-OH-) dan selulosa. (2) Persen adsorpsi klorofil oleh adsorben silika-selulosa-surfaktan dengan metode batch lebih besar daripada kurkumin yaitu ±94,45% sedangkan kurkumin ±2,90% dan pada metode KLT klorofil terikat lebih kuat dibandingkan dengan kurkumin dengan ditunjukkan oleh nilai Rf klorofil yang lebih kecil dibandingkan kurkumin. (3) Interaksi yang terjadi antara kurkumin, klorofil maupun campurannya di permukaan adsorben silika-selulosa-surfaktan ditandai dengan pelebaran puncak pada spektra FT-IR, sedangkan anlaisis interaksi dengan UV-Vis menunjukkan bahwa reaksi antara kurkumin, klorofil, dan campurannya dengan adsorben silika-selulosa-surfaktan merupakan reaksi fisika.