SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Senyawa Karbon dan Turunannya Berbasis Inkuiri Terbimbing

Iin Widiyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiyawati, Iin. 2017. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Senyawa Karbon dan Turunannya Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Herunata, S.Pd, M.Pd., (II) Dr. Aman Santoso, M.Si.

 

Kata Kunci: buku petunjuk praktikum, inkuiri terbimbing, senyawa karbon

Kimia sebagai salah satu rumpun IPA mempunyai karakteristik sama dengan IPA yaitu kimia sebagai produk (pengetahuan kimia yang berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori) dan kimia sebagai proses (kerja ilmiah). Oleh sebab itu, pembelajaran kimia dan penilaian hasil belajar kimia harus memperhatikan karakteristik ilmu kimia sebagai proses dan produk. Selain itu, pembelajaran kimia juga menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah, salah satunya adalah praktikum. Kegiatan praktikum tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya perangkat buku petunjuk praktikum. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMAN 10 Malang diketahui bahwa keberadaan buku petunjuk praktikum untuk kimia masih sangat terbatas. Kegiatan praktikum masih menggunakan petunjuk praktikum yang terdapat pada buku paket atau Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis model tertentu salah satunya inkuiri terbimbing pada materi senyawa karbon dan turunannya untuk menunjang kegiatan pembelajaran materi kimia SMA.

Pengembangan buku petunjuk praktikum menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk (1974). Model pengembangan 4-D ini terdiri 4 tahap utama yaitu: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebaran). Namun pengembangan buku petunjuk praktikum ini dilakukan sampai dengan tahap ketiga, sedangkan tahapan disseminate tidak dilakukan. Hal ini karena keterbatasan waktu dan biaya. Produk hasil pengembangan diuji coba melalui proses validasi, uji keterbacaan, dan uji keterlaksanaan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert serta lembar komentar dan saran. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif  berupa skor angket, dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator.

Produk  hasil pengembangan berupa Buku Petunjuk Praktikum Senyawa Karbon dan Turunannya Berbasis Inkuiri Terbimbing. Hasil validasi isi diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,84 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan dan keterlaksanaan diperoleh nilai rata-rata 3,28 dengan kriteria valid dan 87% terlaksana. Berdasarkan hasil validasi isi dan uji coba tebatas diketahui bahwa secara umum petunjuk praktikum ini valid dan layak digunakan di SMA.