SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Elektronik pada Materi Termokimia untuk Siswa Kelas XI

Evie Nuria Hayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hayati, Evie Nuria. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Elektronik pada Materi Termokimia untuk Siswa Kelas XI. Skripsi, Jurusan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, M.Si, (II) Drs. Darsono Sigit, M.Pd.

Kata Kunci: Media pembelajaran, komik, termokimia

Salah satu materi mata pelajaran kimia SMA yang banyak memuat konsep abstrak adalah materi termokimia yaitu materi yang dibelajarkan pada jenjang SMA kelas XI. Banyaknya konsep abstrak tersebut membuat siswa kesulitan untuk memahami jika hanya dengan membayangkan saja. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran untuk membantu mengkonkretkan konsep yang bersifat abstrak tersebut.Penggunaan komputer dalam kegiatan belajar sudah banyak dilakukan oleh siswa-siswi SMA.Komputer mendukung penyajian media yang tidak hanya sebatas visual, namun juga suara, video, dan masih banyak lagi.Hal ini yangmendasari pengembangan media pembelajaran yang berupa komik elektronik termokimia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran komik elektronik pada materi termokimia untuk SMA kelas XI, (2) Mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran komik elektronik pada materi termokimia untuk SMA kelas XI.

Penelitian dilakukan di SMAN 1 Pesanggaran, Banyuwangi pada bulan Mei 2017. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Model 4D terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, (define) perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebarluasan (dissemination). Namun penelitian yang dilakukan terbatas hingga tahap developmentsehingga hanya dilakukan uji validitas dan uji coba pada produk yang dihasilkan. Tahap dissemination tidak dilakukan.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung persentase skor masing-masing aspek yang dinilai oleh responden.

Media pembelajaran yangdikembangkan berbentuk komik elektronik termokimiayang menyajikan materi dalam bentuk cerita dalam komik yang dilengkapi media lain seperti animasi dan video.Uji validitas tampilan media oleh satu dosen ahli media dipeoleh hasil sebesar 99% dan oleh dua orang guru sebesar 91%. Sedangkan uji validitas isi materi media oleh satu dosen kimia diperoleh hasil sebesar 100%. Data uji coba kelompok kecil terhadap 10 siswa diperoleh hasil sebesar 91%. Hasil validasi dan uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa media pembelajaran komik elektronik termokimia layak digunakan sebagai media pembelajaran.