SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMAN 1 Singosari Ditinjau dari Klasifikasi Program Semester pada Sub Materi Sifat Periodik Unsur.

Rita Nurdiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurdiana, Rita. 2017. Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMAN 1 Singosari Ditinjau dari Klasifikasi Program Semester pada Sub Materi Sifat Periodik Unsur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Suharti, S.Pd., M.Si.

 

Kata-kata kunci: keterampilan argumentasi ilmiah, claim, data, warrant, backing dan qualifier.

Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan hal penting dalam proses belajar sains karena merupakan aktivitas inti dari penyelidikan ilmiah. Berdasarkan kajian literatur, dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan argumentasi ilmiah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap suatu pembelajaran, namun data penelitian yang mendukung teori tersebut belum banyak ditemukan dalam bidang sains, khususnya kimia. Penelitian mengenai keterampilan argumentasi ilmiah dilaksanakan di SMAN 1 Singosari, hal ini dikarenakan di SMAN 1 Singosari mempunyai klasifikasi program semester yang terdiri dari program 4 semester, program 5 semester dan program 6 semester yang diklasifikasikan berdasarkan tes IQ. Perbedaan IQ tersebut dimungkinkan berpengaruh pada keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik program 4 semester, program 5 semester, program 6 semester dan hubungan program semester terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IPA A 16, IPA B 16, dan IPA C 16 SMAN 1 Singsosari yang secara berturut-turut sedang menempuh program 4 semester, program 5 semester dan program 6 semester yang berjumlah 106 peserta didik. Data tentang keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik diukur dengan tes keterampilan argumentasi ilmiah yang berbentuk essai sebanyak 3 soal yang dikembangkan mengacu pada soal tes argumentasi Kalatunga (2013), dan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik didasarkan pada hasil wawancara dan observasi. Analisis mengenai keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik menggunakan sistem kategori kualitas argumen modifikasi dari Cetin (2014), analisis mengenai hubungan program semester terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik menggunakan teknik Kruskal-Wallis, kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan teknik Mann-Whitney One Tail. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik dianalisis berdasarkan hasil wawancara dan hasil observassi. Pengecekan keabsahan temuan pada penelitian ini meliputi kredibilitas, dependebilitas, transferabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil analisis keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada sub materi sifat periodik unsur menunjukkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada (a) program 4 semester didominasi pada level 1 dengan persentase sebesar 55,24%, kemudian level 2a sebesar 1,91%, level 2c sebesar 0,95% dan level 3b sebesar 0,95%. Persentase peserta didik yang menjawab tidak tepat sebesar 40,95%. (b) program 5 semester didominasi pada level 1 dengan persentase sebesar 64,71%, kemudian level 2a sebesar 2,94%. Persentase peserta didik yang menjawab tidak tepat sebesar 32,35%. (c) program 6 semester didominasi pada level 1 dengan persentase sebesar 44,14% dan level 3a sebesar 1,8%. Persentase peserta didik yang menjawab tidak tepat sebesar 52,39%. (d) Terdapat hubungan program semester terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik paling tinggi dicapai pada program 5 semester, kemudian program 4 semester dan terakhir program 6 semester. Meskipun rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah dicapai oleh program 5 semester, namun level tertinggi dicapai oleh program 4 semester. (e) Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik adalah pemahaman peserta didik terhadap sub materi sifat periodik unsur dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan argumentasi.