SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Laju Reaksi Berbasis Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Andini Desikasari Nuraisyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuraisyah, Andini Desikasari. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Laju Reaksi Berbasis Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muntholib, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Suharti, M.Si.

 

Kata Kunci: bahan ajar, laju reaksi, model pembelajaran Learning Cycle 5E

Pengetahuan kimia terdiri atas empat dimensi pengetahuan, yaitu faktual, konseptual, prosedural, dan metakognisi. Salah satu materi kimia kelas XI adalah laju reaksi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi laju reaksi. Kesulitan yang dialami peserta didik mengindikasikan bahwa empat dimensi pengetahuan belum dicapai dengan baik. Keempat dimensi pengetahuan dapat dicapai melalui pendekatan inkuiri saintifik. Salah satu model pembelajaran berbasis inkuiri saintifik adalah Learning Cycle 5E. Implementasi pendekatan inkuiri saintifik pada pembelajaran kimia melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E akan terlaksana dengan baik jika ditunjang oleh kompetensi pendidik serta ketersediaan bahan ajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sekaligus mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar laju reaksi berbasis Learning Cycle 5E untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Pengembangan bahan ajar laju reaksi mengadopsi model pengembangan 4D dari Thiagarajan.

Empat tahap pengembangan 4D adalah (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena tujuan penelitian dan pengembangan hanya sebatas mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. Bahan ajar hasil pengembangan ditentukan kelayakannya berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan menggunakan angket. Validasi dilakukan oleh tiga validator, yaitu satu dosen jurusan kimia Universitas Negeri Malang dan dua guru kimia SMA Negeri 1 Batu. Sedangkan uji keterbacaan dilakukan pada 10 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu.

Hasil pengembangan Bahan Ajar Laju Reaksi berbasis Learning Cycle 5E untuk peserta didik kelas XI SMA/MA terdiri dari dua buku, yaitu buku siswa dan buku guru. Hasil validasi menunjukkan persentase rata-rata buku siswa sebesar 92,78% dan persentase rata-rata buku guru sebesar 93,88%. Produk hasil pengembangan mempunyai kriteria sangat layak untuk digunakan peserta didik kelas XI SMA/MA. Produk hasil pengembangan diharapkan dapat mendukung implementasi Kurikulum 2013 Edisi 2016 dan disarankan dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas bahan ajar serta dilakukan pengembangan bahan ajar dengan basis yang sama pada materi kimia yang lain.