SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Berbasis Android untuk SMA/MA IPA

Ratna Ayu Agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustin, Ratna Ayu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Berbasis Android untuk SMA/MA IPA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. (II) Dr. Nazriati, M.Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Kesetimbangan Kimia

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi kesetimbangan kimia yang valid dan layak untuk digunakan. Penelitian didasari oleh beberapa alasan, yaitu: (1) materi kesetimbangan kimia merupakan konsep yang abstrak dan mendasari konsep lain dalam kimia; (2) peserta didik mengalami kesulitan dan kesalahpahaman dalam mempelajari kesetimbangan kimia; (3) media pembelajaran berbasis android dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik; dan (4) media pembelajaran berbasis android dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh peserta didik.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan, yang mengacu pada model 4-D (four D-models) yang meliputi 4 tahap, yaitu define (perencanaan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian dan pengembangan ini terbatas pada tahap define, design, develop tanpa melakukan tahap disseminate. Media Pembelajaran hasil pengembangan divalidasi oleh 2 validator yaitu seorang dosen Kimia Universitas Negeri Malang dan seorang guru Kimia MAN 3 Malang, dan uji coba dilakukan pada 10 peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Malang. Data hasil validasi dan uji coba terdiri dari dua jenis yaitu data kuantitatif diperoleh dari perhitungan nilai rata-rata untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator untuk memperbaiki media pembelajaran yang dikembangkan.

Produk hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis android berbentuk aplikasi dengan format apk pada materi kesetimbangan kimia. Media pembelajaran yang dikembangkan ini bersifat fleksibel dan interaktif. Selain itu media pembelajaran dapat dijalankan secara linear maupun non linear. Aplikasi berukuran 32 Mb ini berisi teks, gambar, animasi, video, peta konsep, latihan soal, dan kuis. Validasi media pembelajaran meliputi validasi media dan validasi materi dengan rata-rata yang diperoleh dari validasi media adalah 93% sedangkan untuk validasi materi adalah 95%. Hasil penilaian pada uji coba kelompok kecil adalah 89%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba kelompok kecil diketahui bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi kesetimbangan kimia valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.