SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Metode Destruksi Refluks dan Hotplate Untuk Analisis Fe dalam Sedimen Sendang Biru

Radella Cahya Monica

Abstrak


ABSTRAK

 

Monica, Radella Cahya. 2017. Perbandingan Metode Destruksi Refluks dan Hotplate Untuk Analisis Fe dalam Sedimen Sendang Biru. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si, M.Sc. (II) Dra. SurjaniWonorahardjo, Ph.D.

Kata Kunci: Sedimen, Analisis Fe, Metode refluks, Metode hotplate

Kadar Fe dalam sedimen dapat ditentukan dengan metode destruksi basah menggunakan refluks dan hotplate. Kondisi destruksi optimum analisis Fe dalam 0,5 g sedimen menggunakan refluks telah ditentukan, dengan kondisi volume 50 mL HNO3 8 M dengan pemanasan 150 menit. Untuk menentukan kadar Fe dalam sedimen Sendang Biru dengan tepat, diperlukan metode tersebut dengan cara menguji tingkat presisi dan akurasinya. Sedangkan untuk menguji tingkat keefektifan metode tersebut dalam melarutkan Fe dalam sedimen, dibandingkan dengan menggunakan hotplate. Kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate belum ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menentukan kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate, (2) Mengetahui tingkat presisi dan akurasi kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan refluks dan hotplate.

Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Penyiapan dan perlakuan sampel sedimen, (2) Penentuan kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate, (a) Uji variasi konsentrasi larutan HNO3 (4 M, 6 M, 8 M, 10 M), (b) Uji variasi waktu destruksi (15 menit, 30 menit, 60 menit, 120 menit, 150 menit, 180 menit, 300 menit, 360 menit, 600 menit, 900  menit), (c) Uji variasi volume larutan HNO3 (10 mL, 25 mL, 50 mL,75 mL, 100 mL), (3) Pengujian tingkat presisi dan akurasi kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan refluks dan hotplate.

Kondisi destruksi analisis Fe dalam 0,5 g sedimen dengan hotplate yaitu 10 mL HNO3 6 M dengan pemanasan selama 15 menit. Kondisi destruksi optimum analisis Fe dalam 0,5 g sedimen dengan refluks memiliki tingkat akurasi dan presisi sebesar 98,80% dan 51,2%. Kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate memiliki tingkat akurasi dan presisi sebesar 98,01% dan 16,25%. Metode destruksi dengan hotplate mampu melarutkan Fe lebih banyak dari sedimen dibandingkan dengan metode refluks.