SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN STUDY HISTORY SHEET (SHS) PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-MIA SMA NEGERI 02 BATU PADA POKOK BAHASAN ASAM DAN BASA

DWI RATNA WULANDARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Asam dan basa merupakan salah satu pokok bahasan dalam mata pelajaran kimia yang mempelajari aspek makroskopis, submikroskopis, dan simbolik, sehingga pembelajarannya harus didukung oleh model pembelajaran yang berbasis konstruktivistik.Salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivistik adalah Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning dapat membantu peserta didik untuk mendapatkan pemahaman yang utuh, sehingga hasil belajar yang diperoleh akan baik. PenggunaanSHS akan mendukung keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning, serta membantu peserta didik untuk belajar dan menghindari terjadinya kesalahan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan SHS padamodel pembelajaran Discovery Learningterhadap hasil belajar peserta didik padapokok bahasan asam dan basa.

Penelitian ini menggunakan rancanganQuasi-Eksperimental Design jenisPosttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknikCluster Random Sampling, yaitu diambil 2 kelas dari total 5 kelas XI MIA yangada di SMA Negeri 02 Batu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIA 3 sebagai kelas eksperimendan XI-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan SHS, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS. Instrumen yang digunakanuntuk mengambil data hasil belajar adalahsoal ulangan harian. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik. Analisis statistik dilakukan menggunakan rumus Independent Sampel t-Test dengan taraf sig. sebesar 0,05 dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pokok bahasan asamdan basa yang diperoleh peserta didik kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu di kelas yang menggunakan modelpembelajaran Discovery Learning dan SHS lebih tinggi daripada di kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS. Hasil belajar peserta didik kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu di kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan SHS lebih tinggi daripada di kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS dengan nilai sig. sebesar 0,015. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 82,79, lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang sebesar 78,19.