SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA Kelas XI Pokok Bahasan Termokimia

Rizky Fadina Amalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalia, Rizky Fadina. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA Kelas XI Pokok Bahasan Termokimia. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Sumari, M.Si.

 

Kata Kunci : multimedia interaktif, termokimia, inkuiri terbimbing, model 4-D

Termokimia merupakan bagian dari ilmu kimia yang mempelajari tentang perubahan energi yang menyertai reaksi kimia. Kebanyakan siswa kesulitan dan tidak memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan materi termokimia akibat kesalahan konsep atau miskonsepsi. Pembelajaran termokimia seharusnya dapat menghubungkan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menemukan dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi di kelas dan di lingkungan sekitar. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode inkuiri terbimbing. Oleh karena itu, pada  proses pembelajaran guru harus mampu memfasilitasi siswa dengan memberikan sumber belajar agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih efektif. Dalam mempelajari materi termokimia siswa dituntut untuk memiliki tiga pemahaman representatif meliputi makroskopik, sub-miskroskopik dan simbolik. Karena topik termokimia yang kompleks dan sulit untuk divisualisasikan ini, maka untuk mengajarkan termokimia dipertimbangkan menggunakan multimedia berbasis teknologi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas XI pokok bahasan termokimia.

Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan termokimia menggunakan Four-D Model (4D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahap - tahap yang dilakukan dalam model 4-D ini, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tetapi pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Penilaian terhadap produk pengembangan dilakukan melalui validasi dan uji coba kelompok kecil. Validasi media ini dilakukan oleh 1 orang dosen kimia yang merupakan ahli media dan ahli materi serta 1 orang guru mata pelajaran kimia sebagai ahli lapangan atau ahli dalam pembelajaran di kelas. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 15 orang siswa SMA kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Bangil.

Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan termokimia. Hasil validasi yang diperoleh meliputi validasi dari ahli media sebesar 98,00 % dan validasi dari ahli materi sebesar 93,93 %. Hasil validasi oleh ahli lapangan diperoleh skor penilaian rata-rata sebesar 91,46 %. Uji kelayakan penggunaan multimedia interaktif pada kelompok kecil diperoleh skor sebesar 78,00 % yang memenuhi kriteria layak.