SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa Untuk SMA/MA Kelas XI

sulistiawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistiawati, 2017. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa Untuk SMA/MA Kelas XI. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil, M.Si (II) Dr. Siti Marfuah, M.S.

 

Kata Kunci : Bahan Ajar Digital, Asam Basa, Inkuiri Terbimbing

Kimia sebagai salah satu cabang sains mengandung banyak konsep abstrak dan teoritis yang berhubungan dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Banyak konsep yang bersifat abstrak sehingga menyebabkan peserta didik sering mengalami kesulitan dan kegagalan dalam belajar kimia. Konsep kimia mencakup tiga representasi yaitu makroskopis, submikroskopis, dan simbolik. Salah satu materi kimia yang mencakup ketiga representasi tersebut yaitu materi asam basa.Penyajian materi dengan ketiga representasi tersebut dapat membuat pembelajaran kimia menjadi lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar digital berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa yang layak dan valid.

Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Pada penelitian pengembangan ini, tahap disseminate (penyebarluasan) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Validasi isi bahan ajar digital dilakukan oleh validator dan uji keterbacaan oleh peserta didik. Validasi ahli dilakukan oleh satu orang dosen dan satu orang guru kimia SMA, sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh sepuluh peserta didik SMA. Instrumen validasi berupa angket penilaian menggunakan skala Likert empat tingkat disertai dengan kolom komentar dan saran dari validator. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata hasil validasi dengan menggunakan teknik analisis rata-rata. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Kedua data tersebut merupakan dasar yang digunakan untuk melakukan revisi terhadap bahan ajar digital yang dikembangkan.

Hasil pengembangan adalah bahan ajar digital pokok bahasan asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang dapat dijadikan sebagai penunjang dalam pembelajaran kimia. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan, diperoleh persentase rata-rata untuk kriteria penilaian isi materi sebesar 77,7%, dan kriteria penilaian media sebesar 79,6%, sehingga diperoleh penilaian rata-rata sebesar 78,7%. Sedangkan untuk hasil uji keterbacaan pada 10 orang peserta didik diperoleh penilaian rata-rata sebesar 79,2%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka bahan ajar digital layak untuk dijadikan sebagai penunjang dalam pembelajaran pokok bahasan asam basa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk Kelas XI SMA/MA.