SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakterisasi Campuran Karagenan-Gellan Gum dan Aplikasinya Sebagai Matriks Tablet Lepas Lambat

Febri Fiatul Rohmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohmah, Febri Fiatul. 2017. Karakterisasi Campuran Karagenan-Gellan Gum dan Aplikasinya Sebagai Matriks Tablet Lepas Lambat. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Irma Kartika Kusumaningrum, M.Si., (II) Eli Hendrik Sanjaya, M.Si.

 

Kata kunci : Karagenan, gellan gum, tablet lepas lambat.

Karagenan memiliki sifat fungsional yang mampu berperan sebagai bahan pengental dan penstabil yang memiliki kemampuan untuk membentuk gel. Karagenan dapat digunakan sebagai matriks sediaan lepas lambat dengan sifat yang dimiliki. Tujuan sediaan lepas lambat adalah untuk mempertahankan konsentrasi obat  dalam darah pada waktu yang lama. Matriks sediaan lepas lambat karagenan yang dibentuk kurang dapat mempertahankan sediaan lepas lambat di dalam darah sehingga perlu dikombinasikan dengan bahan lain, misal: gellan gum. Kombinasi kedua bahan ini mampu menghasilkan suatu matriks yang dapat menjadi sediaan lepas lambat.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen di laboratorium yang terdiri dari dua tahap uji yaitu: A) karakteristik karagenan-gellan gum yang meliputi: 1) uji kadar air, 2) uji swelling power, dan 3) uji FTIR. B) Uji coba pemanfaatan sebagai matriks lepas lambat kalium diklofenak yang meliputi: 1) penyiapan sampel, 2) uji kadar air tablet, 3) uji kekerasan tablet, 4) uji kerapuhan tablet, 5) uji swelling, dan 6) uji in vitro release.

Hasil penelitian yang diperoleh: 1) kadar air karagenan 17,31%, gellan gum 15,79 % dan campuran karagenan:gellan gum dengan perbandingan 2:1 nilai kadar air 19,90%, pada saat perbandingan 1:2 nilai kadar air 11,75%  2) nilai swelling power karagenan 58,413,  nilai swelling power gellan gum 106,565 sedangkan pada campuran karagenan: gellan gum perbandingan 2,5 : 1 sebesar 95,717 dan pada campuran perbandingan 1,9 : 1 sebesar 122,835 3) hasil uji coba matriks karagenan-gellan gum dari kekerasan tablet antara 3-8 kg/cm2, kerapuhan tablet