SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Drill Dengan Paddle Dan Ayunan Lengan Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Ekstrakurikuler Aquatic Di SMA Negeri 5 Malang

Muzammil Eko Susanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanto. M. E. 2016.Pengaruh Latihan Drill Dengan Paddle Dan Ayunan Lengan Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Ekstrakurikuler Aquatic Di SMA Negeri 5 Malang,JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Drill, Paddle dan Ayunan Lengan, Kecepatan, Renang Gaya Bebas.

Berdasarkanobservasiawalpada kecepatan renang gaya bebas kemampuansiswaekstrakurikulerAquatic di SMA Negeri 5 Malang memilikiotottungkai dan otot lengan yang lemahsehinggadibutuhkanpelatihankekuatanberupalatihandrill dengan paddle dan ayunan lengan. Berdasarkanmasalahtersebutpenelitimelakukanpenelitianberjudulpengaruhlatihandrill dengan paddle dan ayunan lengan terhadap kecepatan renang gaya bebas pada ekstrakurikuler aquatic di SMA Negeri 5 Malang.

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanpengaruhantaralatihandrill dengan paddle dan ayunan lengan terhadap kecepatan renang gaya bebas. Mengetahui pengaruh latihan drill terhadap kecepatan renang gaya bebas. Mengetahui pengaruh latihan paddle dan ayunan lengan terhadap kecepatan renang gaya bebas.

Rancanganpenelitian yang digunakanadalahpenelitianeksperimensemu (quasieksperimental). Teknikpengambilansampeldipilihmenggunakantekniksistimatic total samplingdilakukandengancaramengambil semua sampel yang ada sejumlah 24 siswa padapesertaekstrakurikulerAquatic di SMA Negeri 5 Malang. Sampel dibagi menjadi dua kelompok. kelompokeksperimenberjumlah 12 siswa dankelompok kontrolberjumlah 12 siswa. Pengumpulan data menggunakaneksperimensemu danobservasitesawal. Analisis data menggunakanstatistikainferensialberupaanalisiskovarians.

Hasilanalisis kovariansatujalur (anakova) skor peningkatan kecepatan renang gaya bebas kelompok latihan diperoleh F hitungsebesar8,37> F tabel4,32padasignifikasi 0,05.

Dengandemikiantidakadapengaruh yang signifikanantara kecepatan renang gaya bebas hasil latihan drill dengan latihan paddle dan ayunan lengan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara selisih peningkatan kecepatan renang gaya bebas hasil latihan drill dengan latihan paddle dan ayunan lengan.