SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembuatan, Karakterisasi dan Aplikasi Adsorben Silika-Selulosa terhadap Bromtimol Biru, Fluorosein dan Campurannya

ayu farichi mawaddah

Abstrak


ABSTRAK

 

Adsorben silika-selulosa berasal dari abu sekam padi sebagai sumber silika dan nata de coco sebagai sumber selulosa. Berdasarkan penelitian sebelumnya, adsorben silika-selulosa mampu menyerap dan memisahkan campuran zat warna rhodamin B dan tartrazin, sehingga diharapkan silika-selulosa dapat digunakan sebagai adsorben zat warna seperti bromtimol biru dan fluorosein. Tujuan penelitian mengetahui (1) karakteristik fisika silika-selulosa sebagai adsorben; (2) daya adsorpsi yang dihasilkan pada bromtimol biru, fluorosein dan campurannya dengan metode adsorpsi batch; (3) keterpisahan campuran bromtimol biru dan fluorosein dengan menggunakan KLT; (4) sifat permukaan silika-selulosa dengan larutan bromtimol biru, fluorosein dan campurannya menggunakan spektroskopi inframerah (FT-IR).

Penelitian eksperimental ini dilakukan di laboratorium Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang (UM). Penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu (1) pembuatan adsorben silika-selulosa, (2) karakterisasi adsorben, (3) aplikasi kemampuan adsorben dalam memisahkan bromtimol biru dan fluorosein dengan variasi eluen, (4) aplikasi kemampuan adsorben dalam mengadsorpsi bromtimol biru, fluorosein dan campurannya dengan metode Batch, (5) analisis permukaan adsorben dengan larutan bromtimol biru, fluorosein dan campurannya.

Hasil penelitian ini adalah (1) Karakterisasi fisik menunjukkan kualitas yang baik ditunjukkan oleh daya serap larutan iod; (2) Adsorpsi larutan bromtimol biru dan fluorosein dengan variasi konsentrasi persentase adsorpsi semakin menurun; (3) Pemisahan campuran bromtimol biru dan fluorosein dengan menggunakan KLT memberikan yang terbaik menggunakan eluen air; (4) Munculnya pelebaran pita serapan pada gugus silanol (Si-OH) dan gugus –OH dari selulosa.