SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Adsorpsi, Pengaruh Humat dan Fulvat, serta Desorpsi Ion Ni2+ dan Cd2+ Menggunakan Kompos TPA Tlekung.

Maulida Fajriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajriyah, Maulida. 2017. Kajian Adsorpsi, Pengaruh Humat dan Fulvat, serta Desorpsi Ion Ni2+ dan Cd2+ Menggunakan Kompos TPA Tlekung. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Irma Kartika K., M.Si., (II) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, M.Sc.

 

Kata Kunci : humat, fulvat, nikel, kadmium

Kompos TPA Tlekung dapat dimanfaatkan sebagai adsorben logam berat dalam air lindi untuk mencegah pencemaran lingkungan. Pemahaman tentang pengikatan ion logam oleh komponen-komponen kompos dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sangat penting untuk mengembangkan kompos sebagai adsorben yang efektif dan ramah lingkungan, pengaturan kondisi adsorpsi, dan pengelolaan kompos sisa proses adsorpsi. Pelaksanaan ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) mengetahui karateristik kompos TPA Tlekung, 2) menentukan kadar ion nikel(II) dan kadmium(II) dalam adsorbat setelah proses adsorpsi pada berbagai variasi pH, 3) menentukan kadar ion nikel(II) dan kadmium(II) pada fraksi humat dan fulvat yang terdapat dalam adsorbat, dan 4) menentukan kadar ion nikel(II) dan kadmium(II) yang terlepas kembali dari kompos sisa hasil adsorpsi.

Penelitian eksperimental laboratorium dilakukan dalam beberapa tahap 1) preparasi dan karakterisasi kompos, 2) proses adsorpsi campuran ion nikel(II) dan kadmium(II) oleh kompos pada variasi pH dan penentuan kadar ion nikel(II) dan kadmium(II) dalam adsorbat setelah proses adsorpsi, 3) ekstraksi humat dan fulvat dalam adsorbat, 4) penentuan kadar ion nikel(II) dan kadmium(II) yang terikat oleh humat dan fulvat terlarut dalam adsorbat, 5) penentuan kadar ion nikel(II) dan kadmium(II) yang terdapat pada kompos setelah proses adsorpsi, dan 6) penentuan kadar ion nikel(II) dan kadmium(II) saat proses desorpsi pada kompos hasil adsorpsi dengan variasi derajat keasaman 6 dan 9.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) sifat fisikokimia kompos TPA Tlekung adalah sebagai berikut; pH, kadar air, ion nikel(II) dan kadmium(II) terlarut masing-masing sebesar 7.5, 36.26 %, 0,0753 mg/kg, 0.0074 mg/kg, (2) kompos TPA Tlekung mampu mengadsorp ion nikel(II) dan kadmium(II) secara kompetitif pada adsorbat dengan persen adsorpsi masing-masing 14.039 % dan 37.441 % yang terjadi pada pH 6, (3) kadar ion nikel(II) yang terikat oleh humat dan fulvat dan ikut terlarut dalam adsorbat masing-masing sebesar 0,0028 mg/g dan 0,0297 mg/g, sedangkan kadmium(II) yang terikat oleh humat dan fulvat masing-masing sebesar 0,0003 mg/g dan 0,0043 mg/g, (4) proses desorpsi ion nikel((II) dan kadmium(II) terjadi pada pH 6 dengan masing-masing kadar sebesar 48.90 % dan 16.02 %.