SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemahaman Sub Mikroskopik dan Korelasinya dengan Hasil BelajarpadaMateri Stoikiometri Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batu.

Renny Avika Dwi Cahaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahaya, Renny Avika Dwi. 2017. Pemahaman Sub Mikroskopik dan Korelasinya dengan Hasil BelajarpadaMateri Stoikiometri Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Subandi, M.Si., (2) Muntholib, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: pemahaman sub mikroskopik, stoikiometri, hasil belajar

Representasi sub mikroskopik, makroskopik, dan simbolik merupakan 3 representasi yang sangat penting dalam memahami ilmu kimia. Materi pelajaran stoikiometri diajarkan di kelas X dan menjadi dasar dalam mempelajari materi lain yang melibatkan perhitungan kimia. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman representasi sub mikroskopik stoikiometri siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batu, (2) keterkaitan antara tingkat pemahaman sub mikroskopik siswa dengan hasil belajar pada materi stoikiometri.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Batu yang dipilih dengan teknik sampling purposive. Instrumen pengukuran pemahaman sub mikroskopik berupa tes tertulis dalam bentuk pilhan ganda 18 nomoryang disertai dengan kolom perhitungan ataupun alasan pemilihan jawaban siswa, dengan lima alternatif jawaban. Validitas isi dan reliabilitas soal berturut-turut adalah 89,4% (valid) dan 0,847 (reliabel). Data dianalisis berdasarkan persentase jawaban siswa yang benar dan sebaran jawaban salah pada tiap-tiap butir soal. Sementara itu, hasil belajar diperoleh dari nilai tes stoikiometri menggunakan tes formatif dari guru yang bersangkutan. Analisis hubungan antarapemahaman representasi sub mikroskopik dengan hasil belajardiukur dengan uji korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman sub mikroskopik stoikiometri siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batu tergolong cukup (63,78%), dengan rincian pemahamanpada sub materi hukum-hukum dasar kimia sebesar 76,3%; sub materi massa molekul relatif sebesar 99,3%; sub materi persamaan kimia sebesar 44%; konsep mol sebesar 58,3%; dan sub materi kadar zat sebesar 41%, (2) ada hubungan antara pemahaman sub mikroskopik dengan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri dengan r sebesar 0,432 (sedang).