SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual untuk Kelas IV SDN Munungkerep 2 Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang

SUCI PERWITASARI

Abstrak


Pembelajaran terpadu dengan menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Bahan ajar yang mendukung pembelajaran tematik sangat penting bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Tanpa bahan ajar, guru dan siswa akan kesulitan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Bahan ajar yang sesuai dengan kondisi siswa dan keadaan lingkungan tempat tinggal siswa (kontekstual) memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk guru dan siswa yang emudahkan tercapainya tujuan pembelajaran.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar tematik berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran tematik di Kelas IV SD. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall. Model ini dipilih karena tahapannya sistematis dan sesuai untuk mengembangkan bahan ajar cetak. Tahap penelitian meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf awal produk, validasi ahli, revisi hasil validasi ahli, uji coba terbatas, perbaikan hasil uji coba terbatas, uji coba lapangan, penyempurnaan akhir, dan diseminasi. Kevalidan bahan ajar diperoleh dari hasil analisis validasi ahli. Kepraktisan bahan ajar diperoleh dari 1) hasil angket respon guru dan siswa dan 2) hasil observasi kegiatan pembelajaran guru dan aktivitas siswa. keefektifan bahan ajar diperoleh dari signifikansi hasil uji t berpasangan pretest dan postest.

Hasil validasi ahli materi dan ahli desain menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata mencapai 89,12%. Hasil angket respon guru dan siswa terhadap bahan ajar mencapai kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata 93,96%. Hasil observasi kegiatan pembelajaran guru dan aktivitas siswa mencapai mencapai kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata 90,33%. Hasil uji t berpasangan terhadap nilai pretest dan postest menunjukkan taraf signifikansi 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunakan bahan ajar. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk Kelas IV sekolahdasar telah memenuhi persyaratan untuk digunakan dalam pembelajaran karenatelah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Bahan ajar tematik berbasis kontekstual ini disusun sebagai buku pendukung buku utama yang sedang digunakan di SDN Munungkerep 2 Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Jika ada perubahan kurikulum, misalnya pada Kurikulum 2013 maka buku ajar ini bisa digunakan sebagai suplemen pada pembelajaran Kelas IV Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan, efektif diajarkan dengan pendekatan saintifik. Sehingga disarankan untuk pembelajaran berikutnya baik guru maupun peneliti untuk menerapkan dan mengembangkan hasil penelitian tersebut agar pembelajaran lebih efektif. Selain itu, bahan ajar tematik berbasis kontekstual ini disarankan untukdigunakan di sekolah dasar di wilayah KabupatenJombang, karena isi buku telah disesuaikan dengan keadaan lingkungan Kabupaten Jombang.