SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Materi Kesetimbangan Kimia dengan Mengeksplisitkan Kerja Ilmiah untuk Siswa SMA Kelas XI

Miftakhul Jannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Miftakhul. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Materi Kesetimbangan Kimia dengan Mengeksplisitkan Kerja Ilmiah untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi, Program Studi PendidikanKimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D. (II) Drs. Muhammad Su’aidy, M.Pd.

 

Kata kunci: bahan ajar, kerja ilmiah, kesetimbangan kimia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Peraturan Nomor 59 Tahun 2014 tentang berlakunya kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013. Pendekatan pembelajaran yang digunakan pada kurikulum ini berbasis saintifik. Proses pembelajaran diharapkan meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar, dan mengkomunikasikan. Proses pembelajaran tersebut dapat dikatakan dari serangkaian proses kerja ilmiah. Proses kerja ilmiah bertujuan untuk melatih dan mengembangkan penguasaan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. Sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran dengan mengeksplisitkan kerja ilmiah, maka diperlukan bahan ajar berupa buku dengan mengeksplisitkan kerja ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang valid dan layak pada materi kesetimbangan kimia dengan mengeksplisitkan kerja ilmiah.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (impelement) danevaluasi (evaluate).Kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan dapat diketahui dari uji validasi dan uji coba kelompok kecil. Validasi dilakukan olehsatu orang dosen Pendidikan Kimia UM dan dua guru kimia SMA. Uji kelompok kecil dilaksanakan dengan melibatkan lima orang siswaSMA Brawijaya Smart School kelas XIdan lima orang mahasiswa semester dua jurusan kimia Universitas Negeri Malang.Kriteria kelayakan hasil uji validasi dan uji kelompok kecil untuk tiap instrumen, yaitu 4,20-5,00 untuk kriteria sangat layak, 3,40-4,10 untuk kriteria layak, 2,60-3,30 untuk kriteria cukup layak, 1,80-3,20 untuk kriteria tidak layak, dan 1,00-1,70 untuk kriteria sangat tidak layak.

Hasil pengembangan berupa bahan ajar yang terdiri dari buku siswa dan buku pegangan guru. Hasil validasi diperoleh skor rata-rata 4,3 untuk buku siswadan buku pegangan guru. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 4,1 yang menunjukkan bahwa bahan ajar valid dan layak digunakan.