SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI KOLOID

Erma Riska Nindya

Abstrak


ABSTRAK

 

Nindya, Erma Riska. 2016. Pengaruh Pendekatan Chemoentrepreneurship(CEP) pada Metode Pembelejaran Jigsaw terhadap Minat Berwirausaha, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar KognitifSkripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Ridwan Joharmawan, M.Si(2) Drs. Muhammad Su’aidy, M.Pd

Kata Kunci:Pengaruh Pendekatan Chemoentrepreneurship(CEP), Metode Pembelajaran Jigsaw, Minat Berwirausaha, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

            Ketrampilan  siswa SMA yang lulus sekolah dan tidak melanjutkan keperguruan tinggi memilih untuk bekerja, tetapi siswa yang baru lulus SMA tidak diberi bekal untuk ketrampilan bekerja. Pada survei yang dilakukan BPS, siswa yang tidak melanjutkan keperguruan tinggi mencapai 6,95% pada tahun 2016. Pendidikan SMA diarahkan untuk memahami konsep yang diajarkan oleh guru, juga diarahkan untuk penguasaan ketrampilan bekerja seperti ketrampilan berwirausaha. Pengaruh Pendekatan chemoentrepreneurship(CEP) merupakan suatu pendekatan kontekstual yang membelajarkan kepada siswa untuk mengaitkan objek nyata atau fenomena disekitar manusia, sehingga memungkinkan siswa dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bernilai ekonomi dan memotivasi siswa untuk berwirausaha. Pengaruh Pendekatan chemoentrepreneurship(CEP) perlu dirancang dengan baik, yaitu dengan cara mengkombinasikan dengan metode atau model pembelajaran lain salah satunya adalah kooperatif jigsaw.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Chemoentrepreneuship(CEP) pada metode pembelajaran jigsaw terhadap minat berwirausaha, motivasi belajar dan hasil belajar kogniif sisa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bangil dengan populasi siswa kelas XI MIPA. Dalam penelitian ini kelas X MIPA 1 dan XI MIPA 2 merupakn subjek penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design.Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar observasi, angket minat berwirausaha dan motivasi belajar, serta soal pos test. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah uji beda menggunakan Independent Sample T-test dan Uji Mann- Whitney.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendekatan chemoentrepreneurship pada metode pembelajaran jigsaw berpengaruh pada minat berwirausaha, motivasi belajar dan hasil kognitif siswa dibandingkan dengan kelas yang hanya dibelajarkan dengan metode pembelajaran jigsaw. Hal ini menunjukkan jika pengaruh pendekatan chemoentrepreneurship pada metode pembelajaran jigsaw mempunyai pengaruh yang baik.