SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Isolasi, Identifikasi dan Uji Aktivitas Senyawa Saponin dalam Terong Ungu (Solanum Melongena L.) sebagai Inhibitor Lipase Pankreas

Lilik Zakiyaturrodliyah

Abstrak


ABSTRAK

Zakiyaturrodliyah, Lilik. 2016. Isolasi, Identifikasi dan Uji Aktivitas Senyawa Saponin dalam Terong Ungu (Solanum Melongena L.) sebagai Inhibitor Lipase Pankreas. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H Subandi, M.Si.,(II) Tatas H.P. Brotosudarmo, Ph.D.

Kata Kunci: inhibitor lipase pankreas, orlistat, saponin, terong ungu.

Orlistat, obat komersil yang bekerja menghambat penyerapan lemak, mempunyai efek samping terutama di saluran pencernaan sehingga perlu adanya alternatif lain yang tidak menimbulkan efek tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan alternatif pengganti yaitu dengan memanfaatkan bahan alami yang lebih aman, terjangkau dari segi harga dan banyak dijumpai dimasyarakat. Beberapa jenis tamanan diketahui dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang dapat berfungsi untuk menggantikan orlistat, salah satunya adalah terong ungu. Penelitian Pebrianty (2013) menyatakan bahwa ekstrak methanol terong ungu dapat berperan sebagai inhibitor lipase pancreas dan mengandung senyawa golongan alkaloid, flavonoid dan saponin. Sementara itu banyak golongan saponin yang bersifat inhibitor lipase pankreas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi isolat saponin dari terong ungu (Solanum melongena L.) serta menguji daya inhibisinya sebagai inhibitor lipase pankreas.

Penelitian ini bersifat deskriptif laboratoris yang dilakukan dengan empat tahap yaitu 1) preparasi sampel, ekstraksi dan pemekatan senyawa dari terong ungu; 2) isolasi saponin dengan kromatografi lapis tipis; 3) uji inhibisi sampel; serta 4) analisa UV-Vis dan FT-IR untuk memprediksi struktur isolate saponin. Ekstraksi menggunakan pelarut methanol dilakukan dengan metode maserasi, sedangkan tahap isolasi dilakukan dengan metode kromatografi lapis tipis preparatif menggunakan eluen metanol: aseton(1:1, v/v). Uji aktivitas menggunakan metode titrimetri dengan lipase porcine pancreas sebagai enzim, minyak zaitun sebagai substrat dan orlistat sebagai inhibitor standar.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) ekstrak methanol mesokarp terong ungu mengandung golongan senyawa saponin yang aktif sebagai inhibitor lipase pankreas; 2) terdapat dua jenis senyawa golongan saponin yang aktif sebagai inhibitor lipase pancreas dengan daya inhibisi masing-masing yaitu 74,8 % per 0,5 mg isolate dan 70,4 % per 9,9 mg isolate relative terhadap 120 mg orlistat; serta 3) berdasarkan hasil spektroskopi UV-Vis dan IR isolat senyawa saponin termasuk dalam golongan saponin steroidal.