SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Isolasi, Identifikasi, dan Uji Aktivitas Senyawa Flavonoid Dari Biji Pepaya (Carica papaya L.) Sebagai Inhibitor Lipase Pankreas

PANCASARI - WIJIUTAMI

Abstrak


Obesitas merupakan salah satu masalah global karena dapat memicu berbagai penyakit seperti, jantung koroner, diabetes, arterosklerosis, dan sebagainya. Salah satu penyebab obesitas adalah karena konsumsi lemak berlebih. Absorbsi lemak ke dalam tubuh memerlukan enzim lipase pankreas. Oleh sebab itu untuk mengurangi absorbsi lemak di dalam tubuh digunakan obat anti obesitas yaitu, Orlistat yang bekerja sebagai inhibitor lipase pankreas.Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sari biji pepaya terbukti mampu menghambat lipase pankreas dengan daya inhibisi yang lebih besar dari Orlistat pada berat yang sama, akan tetapi belum diketahui jenis senyawa aktif dalam biji pepaya tersebut, oleh karena biji pepaya banyak mengandung flavonoid, sementara beberapa senyawa flavonoid mampu menghambat lipase pankreas maka penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa flavonoid di dalam biji pepaya yang aktif sebagai inhibitor lipase pankreas.

Penelitian ini bersifat deskriptif  laboratoris yang dilakukan dalam 6 tahap yaitu: 1) penyiapan sampel serbuk biji pepaya (pengeringan dan penghalusan), 2) ekstraksi menggunakan pelarut etanol-air dengan metode maserasi, 3) pemisahan senyawa golongan flavonoid dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT), 4) uji fitokimia senyawa flavonoid, 5) uji aktivitas isolat flavonoid sebagai inhibitor lipase pankreas, serta 6) spektroskopi UV-VIS dan FT-IR untuk memprediksi struktur isolat flavonoid. Daya inhibisi terhadap lipase pankreas ditentukan dengan metode  titrimetri menggunakan pankreatin lipase sebagai sumber enzim, minyak zaitun sebagai substrat, dan Orlistat sebagai inhibitor pembanding. Uji fitokimia dilakukan menggunakan H2SO4 pekat untuk menunjukkan keberadaan senyawa flavonoid di dalam biji pepaya­.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua jenis senyawa flavonoid dari ekstrak etanol biji pepaya yang aktif sebagai inhibitor lipase pankreas.Kedua isolat flavonoidmempunyai daya inhibisi terhadap lipase pankreas masing-masing 132 kali dan 12 kali lebih kuat dibandingkan Orlistat pada massa yang sama. Analisis spektrum UV-VIS dan IR menunjukkan bahwa kedua isolat diduga mempunyai struktur yang mirip dengan 2 senyawaflavanol yaitu senyawaepicatechin dan catechin.