SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Berbasis Learning Cycle 5E

Wahyu Setyowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyowati, Wahyu.2016. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Berbasis Learning Cycle 5E. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Fauziatul Fajaroh, M.S dan (2) Drs. H. Parlan, M.Si.

Kata kunci: pengembangan, buku petunjuk praktikum kimia, Learning Cycle 5E.

Kegiatan laboratorium dalam pembelajaran kimia akan berlangsung efektif bila ditunjang dengan adanya buku petunjuk praktikum yang memadai. Hasil wawancara penulis dengan3 guru kimia di sekolah yang berbeda menunjukkan bahwa 3 sekolah tersebut sudah memiliki peralatan laboratorium yang lengkap, namun buku petunjuk praktikum yang ada di sekolah tersebut masih sangat terbatas. Di sekolah-sekolah tersebut masih digunakan petunjuk praktikum yang terdapat di buku paket kimia SMA ataupun di modul kimia buatan Tim Edukatif HTS (Hayati Tumbuh Subur). Petunjuk praktikum yang digunakan masih seperti buku resep, sehingga kurang memberi kesempatan peserta didik untuk berperan aktif dalam melakukan dan mengembangkan ketrampilan proses. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan buku petunjuk praktikum yang mampu memberikan solusi untuk permasalahan tersebut. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia berbasis Learning Cycle 5E adalah suatu proses sistematis dalam merancang dan menyusun buku petunjuk praktikum kimia berbasis model pembelajaran Learning Cycle 5E. Tujuan pengembangan buku petunjuk praktikum ini adalah untuk menghasilkan dan menguji kelayakan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas X berbasis Learning Cycle 5E.

Penelitian pengembangan ini menggunakan lima langkah dari kesepuluh langkah dalam model penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal. Produk pengembangan diuji coba melaui proses validasi isi dan uji keterbacaan terbatas. Validasi isi dilakukan oleh 1 dosen jurusan kimia UM dan 2 guru kimia dari dua SMA yang berbeda. Sedangkan, uji keterbacaan terbatas dilakukan terhadap 10 peserta didik SMA kelas X MIA. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert serta lembar komentar dan saran. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitungan nilai rata-rata dan teknis analisis persentase.

Berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai rata-rata 3,17 dengan kriteria valid untuk buku guru dan 3,19 dengan kriteria valid untuk buku peserta didik. Hasil uji keterbacaan terbatas terhadap peserta didik SMA kelas X MIA SMAN 10 Malang diperoleh persentase80,4% dengan kriteria tingkat keterbacaan tinggi. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan terbatas menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X berbasis Learning Cycle 5E ini sudah memenuhi kriteria layakdan mudah dibaca.