SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA/MA Kelas XI

Anis Khoirun Nisa

Abstrak


ABSTRAK

Ilmu kimia mengandung konsep abstrak, sehingga untuk mempelajari diperlukan fakta/data yang antara lain dapat diperoleh melalui praktikum (experimental). Kegiatan praktikum dapat berjalan lancar, efektif, dan efisien jika ditunjang dengan adanya buku petunjuk praktikum. Pembelajaran kimia dengan menggunakan metode praktikum memungkinkan peserta didik menggunakan semua potensinya (kognitif, afektif, dan psikomotorik) untuk dapat menemukan konsep secara mandiri dangan bimbingan dari guru. Berdasarkan hasil wawancara dari dua sekolah di Malang dan satu sekolah di Pandaan menghasilkan kesimpulan sebagian besar praktikum kimia dilakukan secara resep dan tidak memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan kreatifitas berpikir mereka. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA/MA Kelas XI agar dapat membantu peserta didik untuk bersikap ilmiah, dengan terlibat aktif dalam menyelidiki dan menemukan konsep secara mandiri melalui tahapan-tahapan ilmiah dalam kegiatan praktikum.Pengembangan buku petunjuk praktikum ini menerapkan model pengembangan 4-D (Thiagarajan, 1974), yaitupendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), danpenyebaran (disseminate).Namun pada pengembangannya hanya dilakukan tahap define, design, dan develop. Pada validasi pengembangan bahan ajar ini diperoleh data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket yang disusun berdasarkan skala Likert. Data kualitatif diperoleh berdasarkan komentar dan saran perbaikan yang diisi oleh validator ahli yang terdiriatas 1 dosen Kimia UniversitasNegeri Malang dan 2 guru Kimia SMA, serta uji keterbacaan yang dilakukan oleh 10 orang peserta didik kelas XI. Hasil perhitungan presentase rata-rata penilaian yang diperoleh disesuaikan dengan kriteria interpretasi penilaian bahan ajar untuk mengetahui kelayakan bahan ajar.Produk bahan ajar hasil pengembangan berupa buku petunjuk praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing yang terdiri dari dua buku, yaitu Buku Siswa dan Buku Guru, masing-masing buku tersebut mencakup 12 kegiatan praktikum untuk SMA/MA kelas XI. Pada hasil validasi produk diperoleh nilai rata-rata pada Buku Siswa adalah86,3% dan nilai rata-rata padaBuku Guru adalah87,0% yang menunjukkan bahan ajar berkategori sangat layak. Sedangkan uji keterbacaan mendapatkan presentase nilai rata-rata 83,3%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa buku petunjuk praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing layak diterapkan dalam pembelajaran.