SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPenggunaan Lembar Study History Sheet (SHS)-Model Pembelajaran Learning Cycle 3 Fase pada Materi Koloid terhadapHasil Belajar SiswaKelas XI IPA SMAN 7 Malang

Devid Purmita

Abstrak


ABSTRAK

 

Purmita,Devid. 2016.PengaruhPenggunaan Lembar Study History Sheet (SHS)-Model Pembelajaran Learning Cycle 3 Fase pada Materi Koloid terhadapHasil Belajar SiswaKelas XI IPA SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. RidwanJoharmawan, M.Si., (II)Muntholib, S.Pd, M.Si.

 

Kata kunci: learning cycle 3 fase, lembarstudy history sheet, hasilbelajar

Koloid adalah salahsatumateridalamilmukimia. Materikoloidmerupakanmateri yang berhubungandenganfakta-faktailmiahdalamkehidupansehari-hari, sehinggadibutuhkansuatupendekatankonstruktivistik agar siswaaktifdalamkegiatanpembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang berbasis konstruktivistik adalah Learning Cycle 3 Fase. Penelitian yang dilakukan oleh Sulistiani (2010), menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMAN 10 malang yang diajar dengan Learning Cycle 3 Fase lebih tinggi daripada diajar dengan metode konvensional. Penggunaan lembar Study History Sheet pada model pembelajaran Learning Cycle 3 Fase bertujuan untuk lebih memudahkan siswa memahami materi koloid dengan cara membuat rangkuman sesuai dengan idenya sendiri. TujuanpenelitianadalahmengetahuipengaruhpenggunaanlembarStudy History Sheet (SHS) pada model pembelajaranLearning Cycle 3 Faseterhadaphasilbelajarsiswa.

Rancanganpenelitian yang digunakanadalahquasy experimental designdenganposttest-only design.Pengambil­ansampeldilakukandenganteknikcluster random sampling. Kelas eksperimen (XI IPA-6) dibelajarkan menggunakan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaranLearning Cycle 3 Fase, sedangkan kelaskontrol (XI IPA-5) dibelajarkan dengan model pembelajaranLearning Cycle 3 Fase.Intrumenuntukmengambil data hasilbelajaradalahtes ulangan harian dan lembar penilaian afektif.Teknik analisis data penelitian dilakukan dengananalisis statistik dan deskriptif. Pengujianhipotesismengunakanindependent samples t-testpadatingkatsignifikansi 0,05denganbantuan program SPSS 16 for Windows.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, ada pengaruhpenggunaanlembarStudy History Sheet(SHS) pada model pembelajaranLearning Cycle 3Faseterhadaphasil belajar siswakelas XI IPA SMAN 7 Malang.Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaran Learning Cycle 3 Fase pada kelas eksperimen lebik baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 3 Fase pada kelas kontrol. Haltersebutdibuktikandengan rata-rata hasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenlebihtinggi ( = 85,36) dibandingkandengankelaskontrol ( = 81,66) dan  rata-rata hasilbelajarafektifsiswakelaseksperimenlebihtinggi (87,40) dibandingkandengankelaskontrol (82,99).