SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) pada Materi Ikatan Kimia

Redinetyas Prakasa Wibawa

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibawa, Redinetyas Prakasa. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, M.Si. (II) Dr. Yahmin, M.Si.

 

Kata Kunci: media, learning management system, ikatan kimia.

 

Proses pembelajaran kimia di kelas saat ini pada umumnya masih bersifat konvensional dan kurang memanfaatkan media pembelajaran. Pemanfaatan media dalam pembelajaran kimia diperlukan untuk membantu siswa memahami materi-materi yang bersifat abstrak. Salah satu alternatif media yang dapat dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis learning management system (LMS). Media pembelajaran berbasis LMS ini dapat memuat gambar, video, dan sumber belajar lain dari internet. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis LMS pada materi ikatan kimia serta mengetahui kelayakan dari media yang telah dikembangkan.

Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Four-D model yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Untuk mengetahui kelayakan dari media yang telah dikembangkan dilakukan uji validasi. Uji validasi media yang dilakukan terdiri dari dua macam, yaitu uji validasi desain oleh validator ahli media dari dosen Jurusan Teknologi Pendidikan UM dan uji validasi materi oleh ahli materi dari dosen Jurusan Kimia UM. Kriteria kelayakan hasil validasi media untuk tiap item pada angket, yaitu 4,01-5,00 untuk kriteria sangat layak, 3,01-4,00 untuk kriteria layak, 2,01-3,00 untuk kriteria kurang layak dan perlu dilakukan revisi, dan 1,00-2,00 untuk kriteria tidak layak dan perlu dilakukan revisi total.

Hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis learning management system yang dapat diakses melalui alamat elekimia.gnomio.com. Pada media yang telah dikembangkan terdapat empat topik yang masing-masing topik dilengkapi bahan ajar, worksheet, gambar, video, menu upload tugas, link ke website lain, forum diskusi dan chat. Bagian akhir media juga dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang bisa dikerjakan siswa secara online. Hasil uji kelayakan terhadap media pembelajaran ikatan kimia oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 4,78, sedangkan hasil uji kelayakan oleh ahli materi didapat skor rata-rata sebesar 4,41 dari skor maksimal 5,00. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi juga menunjukkan jika tidak terdapat kesalahan konsep dalam media yang telah dikembangkan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Wibawa, Redinetyas Prakasa. 2015. Development of Learning Management System (LMS) Based Learning Media in Chemical Bonding Material for First Grade of Senior High School. Undergraduate Thesis, Chemistry Department, Faculty of Mathematics and Science, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Munzil, M.Si. (II) Dr. Yahmin, M.Si.

 

Keywords: media, learning management system, chemical bonding.

 

Chemistry learning process in the classroom today are generally still conventional and less utilizing instructional media. Use of media in learning chemistry is required to help students understand the materials that are abstract. One alternative media that can be developed in the form of learning management system (LMS) based learning media. The LMS-based learning media can include pictures, videos, and other learning resources on the internet. The purpose of this research is to develop an LMS-based learning media in chemical bonding material and determine the feasibility of the media that have been developed.

The method used in the development of research and development are the Four-D model which includes the step of define, design, develop, and disseminate. Validation tests is conducted to determine the feasibility of the media that have been developed. Validation test which is conducted are consist of two kind of validation tests, design validation test by media expert from department of Educational Technology, State University of Malang, and the materials validation test by matter experts from department of Chemistry, State University of Malang. Feasibility criteria media validation results for each item on the questionnaire, ie from 4.01 to 5.00 for a very feasible criteria, from 3.01 to 4.00 for a feasible criteria, from 2.01 to 3.00 for the criterion less feasible and should be revised, and 1.00 to 2.00 for the criterion is not feasible and the total revision is needed.

The development result is learning management system (LMS) based learning media that can be accessed through the address elekimia.gnomio.com. The media that have been developed, there is four topics, each are consist of handout, worksheet, pictures, videos, assignment-upload menu, link to other websites, discussion forum, and chat. The final section of media is also equipped with evaluation questions that can be done online by students. The test results of the feasibility learning media by media experts obtained an average score of 4.78, while the results of feasibility test by experts’ material obtained an average score of 4.41 out of a maximum score of 5.00. The results of feasibility test by matter experts also indicate if there is no misconceptions in the media that have been developed. These results indicate that the learning media that have been developed is fulfill the criteria very feasible.