SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Bahan Ajar IPA Berbasis Learning Cycle 3E Pada Bahan Kajian ‘Materi dan Perubahannya’ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung

INTAN RETMA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Intan Retma. 2015. Implementasi Bahan Ajar IPA Berbasis Learning Cycle 3E Pada Bahan Kajian ‘Materi dan Perubahannya’ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Parlan, M.Si., (II) Dr. Irma K. Kusumaningrum, S.Si., M.Si.

 

Kata kunci: Learning Cycle 3E, implementasi bahan ajar, hasil belajar, materi dan perubahannya

 

Kurikulum baru yang mulai diujicobakan pada beberapa sekolah adalah Kurikulum 2013. Untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut, telah dikembangkan bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E pada bahan kajian ‘materi dan perubahannya’ untuk siswa kelas VII SMP oleh Ferdiana (2014). Bahan ajar yang dikembangkan terdiri atas buku guru dan buku siswa, dengan tingkat validasi masing-masing secara berurutan adalah 83,5% dan 85%. Namun bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E tersebut belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan bahan ajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar tersebut.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasy experimental (eksperimental semu) dengan model post-test only control group design dan rancangan deskriptif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 12 kelas. Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII D terpilih sebagai kelas eksperimen (dibelajarkan dengan Bahan ajar berbasisLearning Cycle3E) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol (dibelajarkan dengan model pembelajaranekspositori). Data hasil belajar kognitif siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji-t sedangkan data keterlaksanaan proses pembelajaran, nilai ulangan harian dan nilai tugas, hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan proses pembelajaran Learning Cycle 3E pada kelas eksperimen (98,14%) dan ekspositori pada kelas kontrol (93,36%) berlangsung sangat baik; (2) Implementasi bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E efektif meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar IPA berbasis Learning Cycle 3E dan dengan model pembelajaran ekspositori, dimana nilai hasil belajar dengan bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E(  80,16) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori ( 69,96); (4) Rata- rata hasil belajar afektif siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E adalah 74,3sedangkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori adalah69,6; (5) Hasil belajar psikomotorik siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E adalah 79,05sedangkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori rata-ratanya adalah 74,29.