SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sintesis dan Karakterisasi Senyawa Kompleks dari Perak Nitrat dengan Ligan Campuran Tiourea dan Trifenilstibina

M. Faqihuddin Zaky

Abstrak


ABSTRAK

 

Zaky, M. Faqihuddin. 2013. Sintesis dan Karakterisasi Senyawa Kompleks dari Perak Nitrat dengan Ligan Campuran Tiourea dan Trifenilstibina. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Effendy, Ph.D. (2) Dr. Fariati, M.Sc.

 

Kata-kata kunci: sintesis, kompleks perak nitrat, tiourea, trifenilstibina.

Perak nitrat telah dilaporkan dapat membentuk senyawa kompleks   dengan ligan campuran tiourea dan trifenilfosfina dengan stoikiometri 1 : 1 : 1. Kompleks yang dihasilkan adalah {[Ag(PPh3)(tu)]2(NO3)2.[Ag(PPh3)(tu)(NO3)]2}. Kisi kristal dari kompleks tersebut mengandung dua jenis kompleks dimer, yaitu dimer ionik [Ag(PPh3)(tu)]2(NO3)2 dan dimer molekuler [Ag(PPh3)(tu)(NO3)]2. Penelitian yang serupa yaitu dengan menggunakan trifenilstibina sebagai ganti trifenilfosfina belum dilaporkan. Trifenilstibina merupakan famili dari trifenilfosfina sehingga memungkinkan untuk membentuk senyawa kompleks dengan perak nitrat dan tiourea. Tujuan penelitian adalah untuk mensintesis senyawa kompleks dari perak nitrat dengan ligan tiourea dan trifenilstibina dan memprediksi strukturnya berdasarkan analisis EDX, HyperChem 8.0.3, dan daya hantar listrik (DHL).

Senyawa kompleks disintesis melalui reaksi antara [Ag(µ-S-tu)](∞|∞)NO3 dan trifenilstibina dengan stoikiometri 1 : 1 dalam pelarut dimetilsulfoksida. Senyawa kompleks [Ag(µ-S-tu)](∞|∞)NO3 diperoleh dengan mereaksikan perak nitrat dalam pelarut asetonitril dan tiourea dalam pelarut metanol dengan stoikiometri 1 : 1. Senyawa kompleks hasil sintesis diukur titik leburnya dan dianalisis dengan EDX untuk memperoleh rumus empiris. Kemungkinan struktur yang didapat berdasarkan rumus empiris dianalisis dengan HyperChem 8.0.3 untuk menghitung energi bebasnya. Analisis daya hantar listrik dan uji kualitatif ion nitrat dilakukan untuk menentukan senyawa kompleks yang dihasilkan merupakan ionik atau molekuler.

Sintesis yang dilakukan menghasilkan kristal senyawa kompleks yang tidak berwarna. Pengukuran titik lebur menunjukkan bahwa senyawa kompleks hasil sintesis adalah senyawa baru. Analisis EDX memberikan rumus empiris C55H49AgN3O3SSb3. Perhitungan energi bebas dengan HyperChem 8.0.3 menunjukkan bahwa semua struktur prediksi merupakan senyawa yang stabil. Pengukuran daya hantar listrik dan uji kualitatif ion nitrat memastikan bahwa senyawa kompleks hasil sintesis adalah kompleks molekuler. Struktur yang paling sesuai dengan senyawa kompleks hasil sintesis setelah dilakukan karakterisasi adalah [(Ph3Sb)3Ag(tu)NO3] dengan geometri trigonal bipiramidal terdistorsi di sekitar Ag(I). Penentuan struktur menggunakan difraksi sinar-X kristal tunggal diperlukan untuk memperoleh hasil yang lebih tepat.