SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, dan Ikatan Kimia Kelas XI Semester I SMA

EFFA RACHMA PRATIWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Effa Rachma. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, dan Ikatan Kimia Kelas XI Semester I SMA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si, (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma, M.S

Kata Kunci: media pembelajaran audio-visual, struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia


Pembelajaran kimia di SMA tidak pernah lepas dari penggunaan buku cetak atau modul. Bahan ajar yang disampaikan menggunakan media cetak (buku) umumnya kurang menarik minat belajar siswa. Secara garis besar, bahan ajar dalam buku cetak atau modul mencakup tentang materi-materi yang disajikan dalam teks atau gambar. Keterlibatan guru diperlukan dalam menjelaskan konsep-konsep yang ada dalam buku kepada siswa. Berdasarkan hasil pengamatan selama praktik mengajar pada Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Batu, buku  yang telah ada atau yang telah dimiliki banyak yang belum dimanfaatkan secara baik oleh siswa. Hasil wawancara terhadap guru kimia kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi diketahui bahwa sekitar 50% siswa kelas XI belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal pada materi struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia. Hal ini menunjukkan bahwa materi struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia merupakan materi yang dianggap sulit bagi siswa. Oleh karena itu, diperlukan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat menggabungkan indera lihat dan indera dengar, yaitu media pembelajaran audio-visual. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran audio-visual pada materi struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia kelas XI semester 1 SMA.

Model penelitian pengembangan media pembelajaran audio-visual struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia kelas XI semester 1 SMA adalah model 4-D (four D-models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini hanya terbatas pada tahap develop (pengembangan), sehingga tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan karena penelitian ini hanya melakukan uji coba terbatas, yaitu uji validitas produk pengembangan. Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran audio-visual pada materi struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia kelas XI semester 1 SMA dilakukan uji validitas produk melalui pengumpulan data uji validitas tampilan dan isi media.

Hasil analisis terhadap validasi media pembelajaran audio-visual baik terhadap segi isi media maupun tampilan media menyatakan sangat layak dengan hasil analisis masing-masing skor adalah 3,56 dan 3,87 dari skala interval 1-4. Media pembelajaran audio-visual dikemas dalam Compact Disk (CD) disertai petunjuk penggunaan media bagi siswa dan guru dan buku soal pemahaman dan evaluasi media.