SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Penggunaan Metoda Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X

Oktavia Sulistina

Abstrak


ABSTRAK [INDONSIA]


Penelitian ini mengkaji keefektifan metoda pembelajaran inkuiri terbuka, inkuiri terbimbing, dan konvensional dalam usaha peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran antar kelompok siswa; dan (2) menganalisis perbedaan keefektifan metoda pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar kimia antar kelompok siswa

Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptif. Rancangan eksperimen semu menggunakan desain pre-tes dan pos-tes dengan kelompok-kelompok yang diacak, bertujuan untuk melihat perbedaan keefektifan masing-masing metoda pembelajaran yang digunakan. Rancangan penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan proses pembelajaran yang berlangsung. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Malang. Kelompok eksperimen mendapat pembelajaran dengan metoda inkuiri terbuka, inkuiri terbimbing, dan kelompok kontrol dengan metoda konvensional (ceramah-praktikum). Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Sesuai tujuan penelitian, teknik analisa data yang digunakan adalah teknik anava satu jalur dan teknik deskriptif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas proses pembelajaran menggunakan metoda inkuiri terbuka dan metoda inkuiri terbimbing, telah memungkinkan terjadinya peningkatan konstruksi pengetahuan dan keterampilan proses serta sikap sains siswa berlangsung dengan kategori baik; dan  Kualitas proses pembelajaran menggunakan metoda konvensional, dimana siswa memperoleh pengetahuan melalui metoda ceramah-praktikum berlangsung dengan kategori baik; (2) Terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara kelompok yang dibelajarkan dengan metoda pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok konvensional, kelompok inkuiri terbuka dengan kelompok konvensional, dan kelompok inkuiri terbimbing dengan kelompok inkuiri terbuka. Keefektifan metoda pembelajaran tersebut dapat dilihat dari rerata hasil  penilaian kognitif, psikomotor, dan afektif siswa. Metoda pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari rerata hasil penilaian kognitif, psikomotor, dan afektif siswa yang tinggi yaitu berturut-turut 72,16; 79, 69; dan 80,58. Metoda inkuiri terbuka efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rerata hasil penilaian kognitif, psikomotor, dan afektif siswa yang tinggi yaitu berturut-turut 63,39; 80,25; dan 81,43. Berbeda dengan metoda konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, di mana rerata pencapaian hasil penilaian kognitif, psikomotor, dan afektif siswa berturut-turut 54,14; 70,42; dan 78,65.

 

Kata kunci: metoda inkuiri, hasil belajar, proses Pembelajaran

 

 

ABSTRACT [ENGLISH]

 

 

This study explored the effectiveness of free inquiry, guided inquiry, and conventional learning methods in promoting quality learning process and results learning of chemistry senior high school students. The aim of this research was to: (1) describe the quality of learning process between the students group; and (2) analyze the difference of effectiveness learning methods in promoting results learning of chemistry between the students group.

The designs of the research are quasy-experiment and descriptive. The quasy-experiment method which used pretest and posttest with random groups, to explore the effectiveness differences of the learning methods were used. The descriptive method was to describe the process of learning. The research population and samples were students of year 10th classes Laboratorium Malang Senior High School. The experimental groups conducted their study with methods of free inquiry and guided inquiry, and respectively the control group conducted their study with a conventional method. The instrumental research were an treatment instrument and measurement instruments. Data analysis techniques which were used one way anova and descriptive technical.

The Results: (1) The quality of learning process of free inquiry and guided inquiry groups had increased knowledge construction, skill process, and attitude science, had good category; The quality of learning process of conventional groups, where the student got knowledge from conventional method, had good category;  (2) There were significant differences of the learning results between groups of free inquiry to conventional, between groups of guided inquiry to conventional, and between groups of free inquiry to guided inquiry. The effectiveness of learning methods in promoting learning results can be seen from the mean scores of cognitive, psychomotor, and affective assessment results. The cognitive, psychomotor and affective learning results of free inquiry and guided inquiry groups were high. The mean scores of psychomotor and affective learning results of free inquiry groups were 63,39; 80,25; and 81,43 and guided inquiry were 72,16; 79,69; and 80,58. The mean scores of cognitive, psychomotor and affective learning results of conventional groups were 54,14; 70,42; and 78,65. It was means that conventional method not effective to improve results learning.

 

Key words: inquiry method, learning results, learning process.