KARYA DOSEN Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

mesin cetak batu bata merah dengan sistem pemotong otomatis

rizki rimba prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Rizky Rimba Prasetya & Sukron Al Azis 2014. Mesin Cetak Batu Bata Dengan Sistem Pemotong Otomatis. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. H.  Muhammad Alfian Mizar, M.P, (II) Drs. Yoto, ST, M.Pd, M.M.

 

Kata kunci : Screw, poros, bantalan, sabuk, peneumatik, gambar, motor bensin,

 

     Didalam perkembangan industri rumahan banyak dijumpai mesin mesin guna meningkatkan hasil produksi yang lebih optimal, salah satunya industri rumahan batu bata merah. Dalam era lama masyarakat cenderung menggunakan cetakan batu bata dengan kayu atau besi dan di cetak secara manual, kejadian ini sangat mempersulit dan tidak dapat meningkatkan hasil yang lebih banyak, dalam era moderd sudah dijumpai mesin cetak batu bata untuk meringankan masalah tersebut, tetapi untuk masyarakat menengah bawah tentunya akan kesulitan untuk membeli alat tersebut dikarenakan harga yang sangat mahal, dalam perancangan ini perancang berusaha untuk membuat mesin cetak batu bata dengan hasil yang tidak jauh beda dan dengan harga yang terjangkau, selain itu bentuk dari mesin cetak batu bata ini sangatlah sederhana sehingga tidak memakan tempat atau ruangan, mesin cetak batu bata ini juga di lengkapi alat pemotong otomatis yang tidak di jumpai di mesin cetak batu bata pada umumnya, sehingga dalam proses pengoperasianya Cuma membutuhkan 2 operator berbeda dengan mesin cetak batu bata yag sudah ada membutuhkan 3 operator.

     Hasil yang di peroleh dari mesin cetak batu bata ini adalah ukuran batu bata yang mempunyai panjang = 13 cm, lebar = 7 cm, tebal = 3 cm, hasil cetak batu bata tersebut bisa terjadi karena cetakan yang mempunya lebar = 7 cm, dan tebal = 3 cm, sedangkan panjang di tentukan oleh sistem pemotong yang berhenti pada titik 13 cm. proses pembuatan batu bata dengan mesin ini sangatlah mudah, masukkan adonan tanah liat yang sudah siap dan didalam mesin sudah diproses sendiri oleh screw, screw di sini berguna untuk menghaluskan, memadatkan dan mendorong keluar melalui cetakan, sehingga hasil yang didapat pun mempunyai tingkat kepadatan, halus, dan ukuran yang merata. Mesin cetak batu bata ini mempunyai akurasi waktu yang singkat jika pada mesin cetak batu bata pada umumnya 1 menit dapat menghasilkan 18 batu bata di mesin cetak batu bata ini dapat menghasilkan 6 batu bata, harga mesin cetak batu bata pada umumunya mencapai Rp. 27.000.000,00 sedangkan mesin cetak bata dalam perancangan ini hanya mencapai Rp. 5.500.000,00 sangan terjangkau untuk kalangan menengah bawah.