KARYA DOSEN Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KERJASAMA ANTARA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 4 MALANG)

FARIZ ZULHAIMY AUFAR

Abstrak


ABSTRAK

Dalam upaya meningkatkan kualitas dari lulusan SMK, terdapat beberapa kendala diantaranya adalah kapasitas sumberdaya dan kapasitas kerjasama antara SMK dengan dunia usaha (DU) dan dunia industri (DI). Mengingat besarnya kebutuhan dunia usaha ataupun industri terhadap tenaga kerja khususnya dari tamatan SMK, seharusnya dunia usaha dan industri dapat bekerjasama dengan pihak  SMK. Tetapi pada pelaksanaan kerjasama antara SMK dengan dunia usaha dan industri masih belum berjalan dengan baik.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah : (1) mengungkap bentuk kerjasama antara sekolah menengah kejuruan dengan dunia industri dalam bidang pelatihan siswa, (2) mengungkap peran dan fungsi industri dalam kerjasama dengan sekolah kejuruan, dan (3) mengungkap faktor penghambat kerjasama antara sekolah dengan industri.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian kualitatif, peran dari pelaksana penelitian dibutuhkan sebagai guide yang akan menentukan alur dari penelitian. Penelitian ini berlokasi di SMK Negeri 4 Malang dengan wakil kepala sekolah bagian humas sebagai subjek wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah testimoni dari hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu mengorganisasikan data, mengelompokkan data berdasarkan pola tema dan pola jawaban, dan menulis hasil penelitian. Pada tahap persiapan penelitian, disusun pedoman observasi dan pedoman wawancara berdasarkan permasalahan yang akand iteliti. Selanjutnya penelitian dilaksanakan sesuai dengan urutan yang telahditentukan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah : (1) bentuk kerjasama yang terjalinantara SMK Negeri 4 Malang dengan dunia usaha dan industri yaitu pelaksanaan praktek kerja industri, sinkronisasi kurikulum, dan juga penyerapan tamatan, (2) peran dan fungsi industri dalam kerjasama yang terjalin dengan SMK Negeri 4 Malang yaitu sebagai sarana bagi siswa untuk mempraktekkan teori yang didapatkan disekolah, dan (3) faktor penghambat dalam kerjasamaantara SMK Negeri 4 Malang dengan dunia usaha dan industri disebabkan oleh faktor kepribadian siswa, faktor dari industri, dan juga faktor keluarga dari siswa.