KARYA DOSEN Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Guru PamongterhadapProfesionalitasMahasiswa PPL Prodi PendidikanTeknikElektrodanPendidikanTeknikInformatika di SMK Malang

M. Heri Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

Wijaya, M. Heri. 2012. Persepsi Guru PamongterhadapProfesionalitasMahasiswa PPL Prodi PendidikanTeknikElektrodanPendidikanTeknikInformatika di SMK Malang.Skripsi.JurusanTeknik Elektro. Program StudiPendidikanTeknik Elektro, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing (1)Dr. Ir. H. SyaadPatmanthara, M.Pd. (2) Drs. H. Tri Atmadji S., M.Pd.

Kata Kunci: persepsi guru pamong, profesionalitas, mahasiswa PPL

Seorang guru dikatakanprofesionaljikamemenuhiempatkompetensiyaitukompetensipedagogik, kompetensikepribadian, kompetensisosial, dankompetensiprofesional yang diperolehmelaluipendidikanprofesi.PraktikPengalamanLapangan (PPL) dilaksanakanuntukmendukungkompetensicalon guru yang profesionaldanmemilikikompetensi.Setiapmahasiswa PPL akandibimbingdandinilaioleh guru pamongmasing-masing program studi.

Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapersepsi guru pamongterhadapkompetensipedagogik, kompetensikepribadian, kompetensisosialsertakompetensiprofesionalmahasiswa PPL prodiPendidikanTeknikElektrodi SMK Malang.Tempatsampelpengambilan data di SMK Muhammadyah 1 kepanjenmalang.

Hasilpenelitianyang telahdilakukan, makadapatdisimpulkansebagaiberikut: 1) Persepsi guru pamongterhadapkompetensipedagogikdarisebelasrespondenmenyatakan 50% guru pamongberpersepsibaikterhadapkompetensipedagogik yang dimilikimahasiswa PPL. Berdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamahasiswa PPL memilikikompetensipedagogik yang baik. 2) Persepsi guru pamongterhadapkompetensikepribadianmahasiswa PPL di empat SMK kota Malang yang berjumlahempatindikator, dengansebelas orang respondenyaitu guru pamongmenunjukkansejumlah 51% respondenmenyatakansesuaiterhadapkompetensikepribadianmahasiswa PPL. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwamahasiswa PPL memilikikompetensikepribadian yang baik. 3) Persepsi guru pamongterhadapkompetensisosialmahasiswa PPL di empat SMK kota Malang yang berjumlahtigaindikator, dengansebelas orang respondenyaitu guru pamongmenunjukkanbahwasebanyak 47% guru pamongmempunyaipersepsisesuai. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwamahasiswa PPL memilikikompetensisosial yang baik. 4) Persepsi guru pamongterhadapkompetensiprofesionalmahasiswa PPL di empat SMK kota Malang yang berjumlah lima indikator, dengansebelas orang respondenyaitu guru pamongmenunjukkanbahwasebanyak 54,5% guru pamongmempunyaipersepikurangsetujuterhadapkurangnyakompetensisosialmahasiswa PPL di SMK Kota Malang. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwamahasiswa PPL memilikikompetensi professional yang baik.