KARYA DOSEN Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kecemasan dalam Mengerjakan Tes, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Adi Vahdian

Abstrak


ABSTRAK

Vahdian, Adi, P. 2013. Hubungan Antara Kecemasan dalam Mengerjakan Tes, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Amat Mukhadis, M.Pd (2) Drs. Ir. Mustaman, M.Pd.

Kata Kunci :  Kecemasan dalam mengerjakan tes, motivasi berprestasi, prestasi    belajar.

Kecemasan dalam mengerjakan tes dan motivasi berprestasi marupakan faktor yang berpengaruh dengan prestasi belajar. Apabila saat siswa mengerjakan tes mengalami rasa cemas maka akan mengakibatkan prestasi belajar akan menurun atau tidak maksimal, Berbeda halnya dengan motivasi berprestasi, apabila siswa memiliki motivasi berprestasi yang tinggi maka siswa akan memperoleh prestasi belajar yang tinggi pula.

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengungkap dan mendiskripsikan kecemasan dalam mengerjakan tes siswa kelas X mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen,(2) mengungkap dan mendiskripsikan motivasi berprestasi siswa kelas X mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, (3) mengungkap dan mendiskripsikan prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, (4) menguji signifikansi hubungan antara kecemasan dalam mengerjakan tes dan prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen,  (5) menguji signifikansi hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, dan (6) menguji signifikansi hubungan antara kecemasan dalam mengerjakan tes, motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Penelitian ini termasuk deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas X TKR di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 131 siswa dengan metode cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan angket dan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara  parsial terjadi hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan dalam mengerjakan tes dan prestasi belajar kognitif sebesar 23,5%, terjadi hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar kognitif sebesar 65,5%, dan secara simultan terjadi hubungan yang signifikan antara kecemasan dalam mengerjakan tes, motivasi berprestasi dan prestasi belajar sebesar 95,5%.

    Kesimpulan yang diperoleh: (1) siswa SMK  kelas X TKR memiliki kecemasan dalam mengerjakan tes dalam  kategori cukup, (2) siswa SMK  kelas X TKR memiliki motivasi berprestasi dalam  kategori cukup, (3) siswa SMK  kelas X TKR memiliki prestasi belajar dalam  kategori cukup, (4) semakin tinggi kecemasan dalam mengerjakan tes  semakin rendah prestasi belajar siswa, (5) semakin tinggi motivasi berprestasi, semakin tinggi  prestasi belajar siswa dan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dalam mengerjakan tes, motivasi berprestasi dan prestasi belajar kognitif  siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.