KARYA DOSEN Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOPLAY MEDIA STUDIO 7.5 PADA POKOK BAHASAN KARBURATOR DI SMK MUHAMMADIYAH 6 ROGOJAMPI BANYUWANGI

SYUKRON FAUZI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzi, Syukron. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis MultimediaMenggunakan Autoplay Media Studio 7.5 Pada Pokok Bahasan KarburatorDi SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi. Skripsi. JurusanTeknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dra. Anny Martiningsih, M.Kes. (II) H. Drs. Sumarli, M.Pd. ,M.T.

 

Kata Kunci: Autoplay Media Studio7.5, media pembelajaran, Karburator.

Pendidikan merupakan usaha sadar dan disengaja untuk mengembangkandan membina sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan belajar mengajaryang diselenggarakan pada semua jenjang pendidikan. Kemajuan teknologi padadunia pendidikan dapat dilihat makin semaraknya sekolah maupun perguruantinggi yang menggunakan system (E-learning) dalam proses pembelajarannya.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaranautoplay media studio 7.5, menghasilkan buku manual sebagai buku panduanpengoperasian media pembelajaran autoplay media studio 7.5 dan mengetahuikelayakan pengembagan media autoplay media studio 7.5 pada pada pokokbahasan karburator di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi.

Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan bersifatdeskriptif dengan model ADDIE. Instrumen pengumpul data yang digunakanberupa angket/kuisioner yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, 3 siswauntuk uji kelayakan perorangan, 10 siswa untuk uji kelayakan kelompok kecil danuntuk uji lapangan berupa hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berupa datakuantitatif yang di peroleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkankevalidannya.

Berdasarkan analisis data, diperoleh empat kesimpulan. Dari ahli mediadan materi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid untuk di ujikankepada siswa. Persentasi kevalidan mencapai 83% pada uji ahli media dan 91%pada uji ahli materi. tanggapan yang diberikan ahli media dan ahli materi padainstrumen angket kemudian ditindak lanjuti pada bagian revisi produk sebelum diuji kelayakannya kepada siswa di tahap uji perorangan.

Kedua,penilaian yang dilakukan oleh responden pada tahap uji peroranganmemperoleh presentase kevalidan mencapai 95% dapat disimpulkan bahwa mediapembelajaran ini valid untuk di uji kelayakannya pada tahap uji kelompok kecil.Saran dari responden pada instrumen penilaian juga di gunakan pengembangsebagai revisi media tahap kedua

Ketiga,penilaian yang dilakukan oleh responden pada tahap uji kelompokkecil memperoleh persentase kevalidan mencapai 87% disimpulkan bahwa mediaini valid untuk di uji klayakan pada tahap uji kelompok kecil.

Keempat, penilaian dari hasil uji lapangan berupa nilai post tes rata- ratasiswa 86,66 dan terdapat peningkatan sebesar 15,24 sehingga dapat ditarikkesimpulan bahwa media AutoPlay Media studio 7.5  berpengaruh dalampeningkatan hasil belajar siswa.

Saran pemanfaatan produk jika pengguna mengalami kesulitan terkaitkesulitan pengoperasian produk pengguna di sarankan mempelajari buku petunjukyang sudah tersedia.