KARYA DOSEN Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Sistem Koloid Model Learning Cycle 5-E Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2 Sebagai penunjang KTSP

RIKI YANTO DJELAU

Abstrak


ABSTRAK

Riki Yanto Djelau. 2013. Pengembangan Modul Sistem  Koloid Model Learning Cycle 5-E Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2 sebagai penunjang KTSP. Skripsi, Jurusan FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Rahayu,M. Ed, Ph. D, (II) Muntholib. S. Pd, M.Si.

Kata Kunci: modul, Learning Cycle 5-E, Koloid, KTSP

Dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), pembelajaran lebih ditekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, yaitu, siswa dituntut untuk dapat mengkontruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan prinsip-prinsip kontruktivistik adalah model belajar Learning Cycle 5-E. Salah satu bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran kontruktivistik adalah modul. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran kimia materi  koloid model Learning Cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langka Borg dan Gall. Namun adanya keterbatasan waktu dalam penelitian ini, langkah yang dilakukan hanya sampai pada langkah ketiga. Langkah-langkah tersebut adalah (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan modul.

Hasil penelitian adalah (1) modul hasil penegembangan dengan judul Koloid dengan susunan yaitu cover, kata pengantar, petunjuk penggunaan modul, langkah-langkah penggunaan, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, 3 kegiatan belajar yang disusun dengan model Learning Cycle 5 E, kunci jawaban, umpan balik, glossarium, daftar pustaka.