KARYA DOSEN Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Praktikum Smart Relay Menggunakan Software Zeliosoft Pada Mata Pelajaran PLC Untuk SMK

Intan Renaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Renaningtyas, Intan. 2012. Pengembangan Media Praktikum Smart Relay Menggunakan Software Zeliosoft Pada Mata Pelajaran PLC Untuk SMK. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T, M.Pd. (II) Aripriharta, S.T., M.T.

Kata kunci: Media, PLC, smart relay, zeliosoft

 

Berdasarkan kajian kurikulum SMK secara umum terdapat kesenjangan antara pemahaman siswa dengan standar kompetensi khususnya pada mata pelajaran PLC. Untuk itu dalam penelitian ini diupayakan untuk mengembangkan media praktikum smart relay menggunakan software zeliosoft pada mata pelajaran PLC.

 

Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Sugiyono atau Research and Development (R&D), atau disebut juga pengembangan produk baru. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai beberapa guru sekaligus beberapa siswa SMK PGRI 3 Malang sebagai studi kasus. Tujuannya untuk memperoleh gambaran solusi atas potensi dan masalah yang muncul, kebutuhan siswa terhadap media belajar yang praktis, efektif dan efisien. Validasi media yang sedang dikembangkan ini dilakukan oleh tim ahli media dan ahli materi.

 

Media ini telah memenuhi kriteria tes validitas atau kelayakan. Media ini berhasil memperoleh rekomendasi dari ahli media dan materi masing-masing sebesar 86,11% dan 92,5%. Berdasarkan hasil uji coba pada calon pengguna (siswa) diperoleh persentase sebesar 87,1% menyatakan menarik, mudah, dan jelas.