KARYA DOSEN Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Cerita Wayang Untuk SMP Kelas IX KTSP Berbasis Multimedia Interaktif

Notara Ratu Jelyta Draydhie Al-a'laa

Abstrak


ABSTRAK

 

Al-a’laa, NotaraRatuJelytaDraydhie. 2017. Pengembangan Media

PembelajaranMenyimakCeritaWayanguntuk SMP Kelas IX KTSP Berbasis Multimedia Interaktif. Skripsi.Jurusan Sastra Indonesia, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing; Prof. Dr. Suyono,M.Pd

 

Kata Kunci : pengembangan media pembelajaran, menyimakceritawayang,

pembelajaranmenyimak, multimedia interaktif

Menemukanpesandariceritawayangmerupakansalahsatukompetensidasar KTSP matapelajaranbahasaJawakota Malang yang harusdikuasaiolehpesertadidikkelas IX tingkat SMP/MTs.Kompetensiinitermasukdalamaspekmendengarkandanmengerucutpadakegiatanmenyimak. Kegiatanmenyimakceritawayanginidapatmeningkatkantingkatpemahamanpesertadidikterhadapisipesan yang terkandungdalamceritawayangdanmerealisasikanterhadapkehidupansehari-harimereka.Akan tetapihaltersebutbelumtercapaidikarenakanadanyabeberapahambatan.Hambatantersebutantaralain, yaitudarifaktor internal danfaktoreksternal. Hambatanfaktor internal adalahhambatan yang datangdaridiripesertadidiksendiri, sedangkanhambatanfaktoreksternaladalahhambatan yang terkaitdenganfasilitaspembelajaranyaitu media pembelejarandanstrategipembelajaran yang digunakanoleh guru.Berkaitandenganhaltersebutperluadanyapengembangan media pembelajaranmenyimakceritawayang yang dapatmengatasibeberapahambatan.Hal inidimaksudkanuntukmemfasilitasidanmendukung proses pembelajaranmenyimakceritawayang di tingkat SMP/MTs.Adapunbeberapahal yang mendasaripentingnyapengembangan media pembelajaran, yaknikebutuhanpesertadidikdantuntutan guru untukdapatmemfasilitasipesertadidikmenguasaikompetensisesuaituntutankurikulumdenganmenyajikan proses belajar yang berkualitasdenganmemperhatikankarakteristikpesertadidiktingkat SMP kelas IX.

Penelitiandan pengembangan ini bertujuanmenghasilkanproduk media pembelajaranmenyimakceritawayangkelas IX SMP KTSP berbasis multimedia interaktif.Tujuanumumtersebutdapatdirincimenjadibeberapatujuankhusus, yaitu(1) menghasilkan media pembelajaran bahasa Jawa menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IXKTSP berbasis multimedia interaktif disertai dengan penyajian materi; (2) menghasilkan media pembelajaran bahasa Jawa menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IXKTSP berbasis multimedia interaktif disertai dengan penyajian tampilan yang interaktif; dan(3) menghasilkan media pembelajaran bahasa Jawa menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IXKTSP berbasis multimedia interaktif disertai dengan penyajian bahasa komunikatif.

Dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasidarimodelpengembanganBorg and Gall.Dari model pengembangantersebutterdapat5tahapanprosedurpenelitianpengembangan, yaitu:(1) tahappenelitiandanpengumpulaninformasiawal, (2) perencanaan, (3) pengembanganproduk, (4) ujicoba, dan(5) revisi.Produkhasilpenelitiandanpengembanganinidiujicobakepadaahlimaterimenyimakceritawayang, ahli media pembelajaran, praktisi (guru Jawa), dankelompokkecilpesertadidik yang beranggotakan 10 siswadenganmembagikanangket.

Berdasarkandata hasilujivalidasiprodukyaknidiklasifikasikanberdasarkankelayakanisi media pembelajaran, kelayakankomponen/ sajian media pembelajaran, kelayakanbahasa media pembelajarandankelayakantampilan media pembelajaran.Klasifikasitersebutsimpulandarihasilujicobaahli, praktisidanlapangan.Berikutadalahhasilrekapitulasidaribeberapaklasifikasihasilujivalidasiproduk media.Kelayakanisimemperolehpresntase rata-rata 83%.Kelayakankomponen/ sajian media pembelajarnmemperolehpresentase rata-rata 88%.Kelayakanbahasa media pembelajaranmemperolehpresentase rata-rata 84%.Kelayakantampilan media pembelajaranmemperolehpresentase rat-rata 82%.

Media pembelajaran yang dihasilkanpadapenelitiandanpengembangan

inidiberijudulNyemakCritaPewayangan. Media pembelajaraniniterdiriatas 6 bagian.Bagian 1 memuatkalimatpembuka, standarkompetensi, kompetensidasar, danindikator.Bagian 2 memuattokohwayang, asalusulcritawayang, danjinisebasa.Bagian 3 memuatlarah-larahanenemtokakepesencritapawayangan, audio ceritawayangberjudulResi Durna lan Duryudana, video wayangkulitberjudulKarna dadi Senapati,dan video ceritawayang orang berjudulRembugan Baratayuda.Bagian 4 memuat 3 bagiansoalsesuaijudulceritawayangpadabagian 3.Bagian 5 memuatkamusbahasaJawadanataubahasaKawi .Bagian 6 memuatprofilpengembang.

 

Adapunbeberapasaranpemanfaatanproduk yang dihasilkanpadapenelitiandanpengembanganini, yakniditujukanpadapihak-pihak yang berkaitandenganpengembangan media pembelajaranmenyimakceritawayang, guru agar dapatmemanfaatkan media pembelajaransecara optimal, pesertadidik agar memanfaatkanprodukuntukmenemukanisipesanceritawayangsecaramandiri, dandiseminasiproduk agar disebarluaskanmelaluijurnalpenelitian, forum MGMP Kota/ Kabupaten Malang serta media sosial.