KARYA DOSEN Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Ilmiah Siswa Kelas XI SMAN 1 Kepanjen

Isa'sunu . Trijayanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Trijayanto, Isa’sunu Pamungkas. 2014. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam

 

Karangan Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr Imam Suyitno M. Pd, (2) Dewi Pusposari, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: kesalahan berbahasa Indonesia, karangan ilmiah Penelitian mengenai kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan ilmiah penting dilakukan karena menulis karangan ilmiah membutuhkan keterampilan dasar yang baik yaitu menulis. Kegiatan menulis karangan ilmiah sudah ada sejak tingkat SMP sehingga siswa pada tingkat SMA perlu dilihat tingkat kemahiran menulis karangan ilmiah dengan melihat sedikit dan tidaknya kesalahan yang dibuat. Dalam upaya melihat bagaimana tingkat kesalahan yang dibuat siswa SMA dalam menulis karangan ilmiah maka dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen”. Analisis kesalahan berbahasa penting dilakukan karena fakta yang ada di lapangan menunjukan bahwa masih ada kesalahan penulisan karangan ilmiah yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dilakukannya analisis kesalahan berbahasa adalah untuk memberitahukan bentuk kesalahan yang ada pada karangan ilmiah siswa agar dapat membantu guru dalam hal menentukan urutan bahan pengajaran, memutuskan pemberian penekanan, penjelasan dan praktik yang diperlukan, memberikan remidi dan latihan-latihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sehingga hasil penelitian berupa deskripsi kesalahan pada aspek kata, kalimat dan paragraf. Kesalahan yang pada aspek kata meliputi kesalahan pada bentukan kata dan pilihan kata. Kesalahan data yang ditemukan pada bentukan kata meliputi kesalahan afiksasi dan reduplikasi, sedangkan pemajemukan tidak ditemukan kesalahan. Kesalahan afiksasi yang ditemukan adalah pada bagian prefiks dan simulfiks sementara infiks, sufiks, dan konfiks tidak ditemui kesalahan. Kesalahan reduplikasi yang ditemukan adalah reduplikasi sebagian, sedangkan reduplikasi keseluruhan, reduplikasi berubah bunyi, dan semu tidak ditemukan. Kesalahan yang ditemukan pada pilihan kata adalah kesalahan aspek pilihan kata yang tepat, seksama, dan lazim.

Hasil penelitian pada aspek kalimat menunjukan kesalahan pada aspek kalimat meliputi kesalahan pada ketidaklengkapan unsur kalimat, dan kehematan, sementara kesalahan kalimat pada aspek kelogisan dan ambigu tidak ditemukan. Hasil penelitian pada aspek paragraf menunjukan kesalahan pada aspek

paragraf meliputi kesalahan pada aspek kesalahan data yang ditemukan pada aspek paragraf adalah kesalahan pada aspek kesatuan, kesetalian, dan isi paragraf.