KARYA DOSEN Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Penunjang Minat Berwirausaha pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Devia Rahmasari Mumpuniningdyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmasari. M, Devia. 2011. Faktor-Faktor Penunjang Minat Berwirausaha padaMahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Fakultas Teknik UniversitasNegeri Malang. Skripsi, Prodi Pendidikan Teknik Bangunanan Fakultas TeknikUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. N. Bambang Revantoro, S. T.,M. T. (II) Ir. Henri Siswanto, M. Sc.

 

Kata kunci: faktor penunjang, minat berwirausaha.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel faktorpenunjang yang mempengaruhi minat berwirausaha. Penelitian ini mempunyaidua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X)terdiri dari pola pikir (X1), keterampilan (X2), sikap mental (X3), instuisi (X4),lingkungan keluarga (X5), lingkungan pendidikan (X6) sedangkan variabelterikatnya (Y) adalah minat berwirausaha.

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini berusahauntuk menjelaskan kondisi dan pengaruh faktor-faktor penunjang secara parsialmaupun secara simultan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa S1 PTBFakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa S1 PTB FakultasTeknik Universitas Negeri Malang yang registrasi tahun 2010/2011 Sedangkansampel dalam penelitian ini adalah 87 responden. Sampel diambil denganmenggunakan teknik Random sampling.

 

Kondisi faktor-faktor penunjang (pola pikir, keterampilan, sikap mental,instuisi, lingkungan keluarga, dan lingkungan pendidikan) dan minatberwirausaha pada mahasiswa S1 PTB Fakultas Teknik Universitas NegeriMalang yang registrasi tahun 2010/2011 sudah baik. Hasil penelitian ini adalah:(1) terdapat pengaruh pola pikir secara parsial minat berwirausaha padamahasiswa S1 PTB Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, tidak terdapatpengaruh keterampilan secara parsial minat berwirausaha pada mahasiswa S1PTB Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, tidak terdapat pengaruh sikapmental secara parsial minat berwirausaha pada mahasiswa S1 PTB FakultasTeknik Universitas NegeriMalang, terdapat pengaruh instuisi secara parsialminat berwirausaha pada mahasiswa S1 PTB Fakultas Teknik Universitas NegeriMalang; (2) variabel yang dominan mempengaruhi minat berwirausaha adalahpola pikir. Hal ini dikarenakan pola pikir memiliki Sumbangan Efektif (SE)terbesar yaitu 22,5%. Dan nilai koefisien determinasi (R2) secara simultan yangditunjukkan dengan adjusted R square bernilai 0.270.