Karya Dosen Fakultas Ilmu Sosial, 2013

Font Size:  Small  Medium  Large

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

Sumarmi

Abstract


PENDAHULUAN

 

Berbicara mengenai PBM di sekolah seringkali membuat kita kecewa, apalagi bila dikaitkan dengan pemahaman siswa terhadap materi ajar. (1) Banyak siswa mampu  menyajikan tingkat  hapalan  yang  baik terhadap  materi ajar yang  diterimanya, tetapi pada kenyataannya mereka tidak memahaminya. (2) Sebagian besar dari siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan/dimanfaatkan, (3) Siswa memiliki kesulitan untuk memahami konsep akademik sebagaimana mereka biasa diajarkan yaitu dengan menggunakan sesuatu yang abstrak dan metode ceramah.

            Padahal mereka sangat membutuhkan  dapat memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat kerja dan masyarakat pada umumnya dimana mereka akan hidup dan bekerja. Bagaimana menemukan cara  yang baik untuk menyampaikan berbagai konsep yang  ingin dicapai dalam pembelajaran tertentu, sehingga semua siswa dapat menggunakan dan mengingatnya lebih lama konsep tersebut ? Bagaimana setiap mata pelajaran dipahami sebagai bagian yang saling berhubungan dan membentuk satu pemahaman yang utuh ? Bagaimana seorang guru dapat berkomunikasi secara efektif dengan siswanya yang selalu bertanya-tanya tentang alasan dari sesuatu, arti dari sesuatu, dan hubungan dari apa yang mereka pelajari ? Bagaimana guru dapat membuka wawasan berpikir yang beragam dari siswa, sehingga mereka dapat mempelajari berbagai konsep dan mampu mengkait-kaitkannya dengan kehidupan nyata, sehingga dapat membuka berbagai pintu cakrawala pengetahuan yang lebih luas?

 

Makalah Disajikan pada Seminar Sehari Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Metode Pembelajaran Inovatif, Sabtu, 16 Februari 2008, Aula SMPN 1 Ampelgading 


Full Text: DOC