KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL DAERAH PASURUAN, PROBOLINGGO DAN LUMAJANG UNTUK MAHASISWA FIK UM

RASDITA NUGROHO

Abstrak


ABSTRAK

Nugroho, Rasdita. 2014. Pengembangan Permainan Tradisional Daerah Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang Menggunakan Electronic Book (E-Book) untuk Mahasiswa FIK Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Pendidkan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd. (2) dr. H. Moch. Yunus, M.Kes

Kata Kunci : pengembangan, permainan tradisional, media, electronic book

Berdasarkan hasil penelitian pada tanggal 01-05 April 2013 terhadap analisis kebutuhan yang dilakukan melalui pengisian angket yang tersebar pada 16 mahasiswa FIK UM angkatan 2012 diperoleh data sebanyak 100% mahasiswa yang belum pernah mendapatkan media interaktif dalam pembelajaran permainan tradisional pada mata kuliah Modifikasi Olahraga. Hal ini menyebabkan mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami materi pada pembelajaran permainan tradisional.Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan pada permainan yaitu Patel Lele, Egrang, Gasing dan Gobag Sodor dengan menggunakan electronic book.

Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada Borg & gall dalam Winarno,(2011:77) yang sudah dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Peneliti melakukan pengumpulan informasi dalam melakukan analisis kebutuhan dengan cara melakukan Observasi kelas, angket dan wawancara. (2) Pengembangan Produk  (3) Revisi produk pertama berdasarkan hasil evaluasi dari para ahli . (4) Persiapan uji coba kelompok kecil. Revisi dilakukan pada kelompok kecil apabila data hasil tidak memenuhi kriteria nilai yang ditentukan,(5) Uji coba kelompok besar. (6) Revisi produk akhir berdasarkan uji hasil uji lapangan. Dan revisi dilakukan  apabila data hasil uji kelompok besar tidak memenuhi kriteria yang ditentukan. (7) Hasil akhir produk akhir dari hasil revisi akan dikemas dalam bentuk E-Book pengembangan pembelajaran permainan tradisional di FIK Universitas Negeri Malang.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, produk pengembangan permainan tradisional dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Modifikasi Olahraga.

Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan pada uji kelompok kecil dan besar. Hasil data uji coba kelompok kecil diperoleh 85,17% mahasiswa memahami materi yang telah dikembangkan. Hasil data uji kelompok besar diperoleh 85,41% mahasiswa memahami materi permainan tradisional yang telah dikembangkan.