KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Juara 1 Tingkat Nasional Tahun 2010 SMK Negeri 1 Malang

Sischa Aprillia P.R

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Sischa Aprillia Puri. Profil Usaha Kesehatan Sekolah  (UKS) Juara I Tingkat Nasional Tahun 2010 SMK Negeri I Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh Hari W, M. Kes, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), Trias UKS (Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan Sehat Sekolah).

Kesehatan adalah hal pokok yang harus dimiliki dan diusahakan oleh setiap orang dan menjadi kebutuhan pokok. Setiap orang memerlukan kondisi sehat agar dapat menjalankan aktifitasnya dengan baik dan dapat membuahkan hasil jika kondisi fisiknya prima. Apabila ada sedikit permasalahan kesehatan pada tubuh kita, maka akan mengganggu aktifitas yang sedang dikerjakan dana akan mempengaruhi hasil yang ingin dicapai. Kesehatan di sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, berkembang secara harmonis dan optimal. Mengingat pertumbuhan, perkembangan, keadaan lingkungan, dan kesehatan anak saling berkaitan, maka sekolah diharapkan dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu perlu disusun program kesehatan sekolah yang nantinya mampu menangani berbagai hal yang dapat menggangu kesehatan anak didik. Program tersebut dikenal dengan TRIAS UKS.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Profil Usaha Kesehatan Sekolah  (UKS) Juara I Tingkat Nasional Tahun 2010 SMK Negeri I Malang. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan selama pengumpulam data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data. Aktivitas yang dilakukan untuk mengecek keabsahan data dengan teknik triagulasi. Pada penelitian ini dengan cara mencocokkan kebenaran dan informasi yang didapat antara Wakil Ketua UKS SMK 1 Malang dengan Waka Sarana SMKN 1 Malang dan Sekretaris UKS SMKN 1 Malang.

Hasil dan temuan penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi menunjukkan bahwa di SMK Negeri 1 Malang tidak hanya menjalankan program TRIAS UKS (pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat), melainkan juga penerapkan pengolahan air limbah menjadi media pembelajran melalui Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL), menerapkan program lubang biopori sebagai lubang resapan untuk menampung air hujan dan meresapkan kembali ke dalam tanah, serta program untuk memilah sampah, organik untuk pupuk yang anorganik digunakan sebagai kreasi kerajinan tangan dan yang masih mempunyai nilai ekonomis dipisahkan disetor ke Bank Sampah Malang (BSM).

Berdasarkan temuan tersebut diharapkan: (1) bagi Dinas Pendidikan Kota Malang, diharapkan memberikan dukungan dan dorongan yang nyata terhadap pengembangan layanan kesehatan di sekolah-sekolah khususnya di wilayah Kota Malang, (2) bagi Dinas Kesehatan Kota Malang, diharapkan untuk lebih memberikan layanan kesehatan pada peserta didik dalam pembinaan dan pengembangan UKS yang ada di sekolah-sekolah lainnya, (3) SMK Negeri 1 Malang, diharapkan pihak sekolah lebih memperhatikan lagi sisi pentingnya pengelolaan UKS demi terciptanya lingkungan yang lebih sehat dan diharapakan untuk lebih memaksimalkan ide serta gagasan guna mengembangkan UKS, (4) Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, diharapkan lebih banyak untuk mengkaji tentang pengelolaan UKS yang berhubungan dengan layanan khusus di sekolah, (5) peneliti lain diharapkan untuk lebih memperkuat temuan dalam penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan objek yang sama tetapi menggunakan pendekatan yang berbeda atau variabel yang berbeda.