KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi keadaan sarana dan prasarana penunjang aktivitas pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar negeri se-kecamatan sanankulon kabupaten blitar

Agung Prasetyo Budi

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Budi, Agung Prasetyo. 2013. Studi keadaan sarana dan prasarana penunjang aktivitas pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidkan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd. (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : survei, keadaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, sekolah dasar negeri

Pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan  (penjasorkes) Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar masih belum diketahui keadaan sarana dan prasaranya, apakah keadaan tersebut sudah memenuhi kriteria ataukah belum, jika di sekolah tersebut tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai siswa akan sulit menerima pembelajaran pendidikan jasmani bahkan guru pun akan kesulitan untuk mengajar apabila sarana dan prasarana tidak lengkap.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sudah ideal atau belum untuk sarana dan prasarana pendidikan jasmani untuk Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar.

Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar yang terdiri dari 20 Sekolah Dasar Negeri. Sampel yang dipakai atau yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar sebanyak 18 guru pendidikan jasmani dan 2 kepala sekolah yang tidak mempunyai guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket penelitian yang berupa kuesioner.

Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa keadaan sarana dan prasarana penunjang aktivitas pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar dapat diketahui bahwa keadaan sarana dan prasarana tiap cabang tidak sama. Dari data yang diperoleh rata-rata persentase untuk cabang atletik keadaan sarananya 22,5% dalam kategori kurang dan untuk prasarananya 34% dalam kategori kurang sekali. Dan untuk cabang permainan keadaan sarananya 71,3% dalam kategori baik dan prasaranya 68,4% dalam kategori baik. Sedangkan untuk cabang senam, bela diri, aktivitas air dalam kategori kurang sekali dengan rata-rata persentase 6,5%.