KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Latihan Passing Bawah Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri 1 Batu

Donny . Arfiansyah

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Arfiansyah, Donny. 2013. Pengembangan Panduan Latihan Passing Bawah Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata  Kunci: pengembangan, panduan, latihan, passing bawah bolavoli.

Pengembangan dalam penelitian ini adalah panduan latihan yang berisikan pola variasi latihan passing bawah bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Batu, Panduan adalah hal pokok yang menjadi dasar pegangan/petunjuk untuk menentukan sesuatu, dapat diartikan juga sebagai kumpulan ketentuan dasar yang memberi arah bagaimana sesuatu harus dilakukan. Latihan adalah kegiatan yang terencana dan didalamnya terdapat unsur-unsur kegiatan yang dilakukan berulang-ulang secara bertahap dengan tujuan untuk mencapai prestasi yang maksimal. Sedangkan passing bawah adalah usaha memainkan bola menggunakan satu atau dua lengan yang dirapatkan didepan badan, perkenaan bola pada bagian lengan bawah. Untuk dapat bermain bolavoli passing bawah adalah teknik yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam melatih teknik dasar passing bawah diperlukan latihan yang berulang-ulang. Selain itu,  membutuhkan teknik dasar yang benar, juga diperlukan variasi-variasi pola latihan untuk mencegah kebosanan berlatih. Kenyataan yang ada dilapangan, setelah melakukan observasi awal pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Batu, masih banyak siswa  yang tidak  menguasai  teknik dasar passing bawah pada khususnya. Ini dapat dilihat banyak passing yang tidak tepat sasaran. Sehingga diperlukan panduan latihan  passing bawah bolavoli  yang dapat digunakan siswa sebagai acuan atau cara berlatih passing bawah bolavoli. Untuk itu, peneliti akan mengembangkan panduan latihan passing bawah dalam permainan bolavoli yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan oleh siswa dalam latihan mandiri passing bawah bolavoli.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan latihan passing bawah bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Batu  yang ditujukan kepada siswa pada tingkat keterampilan pemula atau dasar pengikut ekstrakurikuler bolavoli. Sehingga dengan adanya panduan ini diharapkan dapat membantu  siswa dalam mempercepat proses penguasaan teknik  passing bawah bolavoli secara baik dan benar.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development dari Borg dan Gall (1983:775). Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan panduan latihan passing bawah bolavoli adalah sebagai berikut. (1) kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar , dan (7) revisi produk akhir.

Hasil evaluasi dan persentase dari ahli bolavoli menyatakan 90,52% produk pengembangan valid sehingga dapat digunakan. Dari ahli kepelatihan menyatakan 83,33% produk pengembangan panduan latihan passing valid sehingga dapat digunakan. Kemudian dari hasil uji kelompok kecil terdapat persentase sebesar 89,96% sehingga produk dapat digunakan, sedangkan persentase dari uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 90,40% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan panduan latihan ini dapat digunakan pada peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Batu.