KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL-MODEL PERMAINAN SEBAGAI LATIHAN PEMANASAN DALAM PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING GAYA JINGKAT UNTUK SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 SIMAN KABUPATEN PONOROGO

Afifah Isna Febianti

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Febianti, Isna, Afifah.2013. Pengembangan Model-model Permainan Sebagai Latihan Pemanasan dalam Pembelajaran Lempar Lembing Gaya Jingkat untuk Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 1 Siman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, model permainan, pembelajaran lempar lembing.

Pada pembelajaran lempar lembing pada umumnya terkesan sangat monoton jika proses pembelajarannya langsung menuju kepada inti materi dan praktik. Di dalam pembelajaran harus ada pendekatan dengan cara bermain. Melalui pola permainan menjadi salah satu prasyarat yang menguntungkan untuk pembentukan keterampilan gerak yang dapat menarik minat siswa.

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada satu guru pendidikan jasmani di SMP Negeri 1 Siman dan siswa SMP Negeri 1 Siman, pada saat pembelajaran lempar lembing belum pernah menggunakan model permainan sebagai pemanasan. Pada awal penelitian melalui penyebaran angket, guru pendidikan jasmani menyatakan pada waktu pembelajaran guru tidak pernah memberikan permainan sebagai pemanasan dalam pembelajaran lempar lembing. 93,1% siswa menyatakan bahwa semua teknik dasar lempar lembing sudah diberikan dan 100% siswa menyatakan setiap pembelajaran lempar lembing tidak mendapatkan model-model permainan sebagai pemanasan.

Dilihat dari data hasil observasi awal peneliti bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yaitu dengan mengembangkan model permainan sebagai pemanasan untuk pembelajaran lempar lembing. Terdapat 5 spesifikasi model permainan dalam pembelajaran (1) Permainan Lempar Bola Tali, (2) Permainan Lempar Kayu, (3) Permainan Lempar Botol ke Dalam Lingkaran Hula Hoop, (4) Permainan Menembak Kayu ke Sasaran, (5) Permainan Kardus Botol Berekor.

Produk awal yang telah dijustifikasikan oleh dosen pembimbing 1 dan 2, pada aspek pendidikan jasmani diperoleh persentase 83.17%, pada aspek atletik diperoleh persentase 80.92% dan aspek permainan diperoleh persentase 83.42% dengan hasil akhir menunjukkan bahwa mode-model permainan sebagai latihan pemanasan dalam pembelajaran lempar lembing dapat diujicobakan di SMPN 1 Siman. Dari hasil uji coba tahap I ( kelompok kecil) dengan jumlah 12 siswa diperoleh persentase 88.53%, dan pada uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 siswa diperoleh persentase 89.81% sehingga model-model permainan sebagai latihan pemanasan dalam pembelajaran lempar lembing dapat digunakan di SMPN 1 Siman Kabupaten Ponorogo.

Dengan demikian maka dengan adanya variasi model perminan ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran lempar lembing. Dalam menggunakan produk ini sebaiknya dilaksanakan seperti apa yang direncanakan, kemudian dilakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakasanakan.