KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN GERAK DASAR SISWA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Mahmud Yunus

Abstrak


Perkembangan gerak adalah suatu proses sejalan dengan bertambahnya usia dimana secara bertahap dan berkesinambungan gerakan individu meningkat dari keadaan sederhana, tidak terorganisasi dan tidak terampil kearah penampilan keterampilan gerak yang komplek dan terorganisasi dengan baik, yang pada akhirnya kearah penyesuaian keterampilan menyertai terjadinya proses menua (menjadi tua).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap kinerja gerak dasar siswa TK dan perbedaan perkembangan gerak dasar antara siswa usia 4 tahun, 5 tahun dan 6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi desa Baureno dan TK Darma wanita desa Sraturejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional  yang berarti perkembangan siswa usia 4 tahun, 5 tahun dan 6 tahun di ukur dalam waktu yang sama. Metode ini mendeskripsikan tentang tahap-tahap perkembangan kinerja

            Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan: tahap-tahap perkembangan gerak dasar anak usia 4-6 tahun adalah sebagai berikut: (a) kinerjas lari 30 meter usia 4 tahun termasuk dalam kriteria kurang sempurna, usia 5 tahun termasuk kurang sempurna, dan usia 6 tahun termasuk sempurna; (b) kinerja lompat jauh tanpa awalan usia 4 tahun termasuk dalam kriteria tidak sempurna, 5 tahun termasuk kurang sempurna, dan usia 6 tahun termasuk sempurna; (c) kinerja melempar bola usia 4 tahun termasuk dalam kriteria kurang sempurna, usia 5 tahun kurang sempurna dan usia 6 tahun termasuk sempurna. Berdasarkan analisis data, secara keseluruhan terdapat perbedaan perkembangan gerak dasar antara usia 4 tahun, 5 tahun dan 6 tahun. Setelah dilakukan uji lanjut diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (a) tidak terdapat perbedaan gerak dasar antara usia 4 tahun dengan 5 tahun, (b) terdapat perbedaan garak dasar antara usia 4 tahun dengan 6 tahun, (c) terdapat perbedaan gerak dasar antara usia 5 tahun dengan 6 tahun. Jadi dapat disimpulkan perkembangan gerak dasar usia 6 tahun lebih baik dibandingkan dengan usia 4 dan 5 tahun.