KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Alfonsus, yanuar. 2019. penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Skripsi, ju

Alfonsus Yanuar Irawan

Abstrak


ABSTRAK

Salah satu sistem pembiayaan yang diberikan oleh bank syariah adalah pembiayaan yang menggunakan akad musyarakah, akad musyarakah merupakan akad antara dua pemilik modal untuk menyatukan modalnya pada usaha tertentu. Implementasi akad musyarakah oleh bank syariah diterapkan pada pembiayaan usaha atau proyek yang di biayai oleh lembaga keuangan yang jumlahnya tidak 100%. Perilaku nasabah atau konsumen merupakan studi mengenai proses-proses yang terlibat ketika nasabah memilih menggunakan produk dan jasa suatu perbankan guna memenuhi kebutuhannya. Sebelum seorang nasabah mengambil keputusan menggunakan suatu produk tertentu, nasabah akan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya atas produk tersebut. Faktor internal merupakan faktor yang mempengaruhi seorang nasabah yang berasal dari pribadi nasabah sendiri, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang mempengaruhi nasabah yang berasal dari luar pribadi nasabah itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku nasabah sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan produk pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan prosedur pengumpulan data menggunakan metode snowball sampling dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun data ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan di pelajari, serta membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh peneliti dan orang lain. Data yang digunakan adalah hasil dari serangkaian observasi dan studi pustaka yang dilakukan di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang, serta wawancara dengan beberapa nasabah pengguna produk pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  sebelum nasabah memilih menggunakan  jasa produk pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang, mereka mempertimbangkan faktor eksternal. Hal itu dapat dijelaskan karena nasabah mempertimbangkan faktor bank syariah yang menggunakan sistem bagi hasil dan nisbah yanPenelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ada di kelas XI IPS 4 SMA negeri I Turen Malang, permasalahan tersebut adalah kurangnya kegembiraan dan keaktifan belajar siswa. Ketika proses pembelajaran berlangsung guru mengajak siswanya bermain, bercerita, tetapi jarang sekali guru memahami hakikat kegembiraan dalam belajar dan akhirnya permainan ini tidak menyambung dengan studi yang diajarkan. Dalam proses pembelajaran berlangsung beberapa siswa mengalami kejenuhan dan kebosanan terlihat ketika ada lima siswa tidak memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi, ada beberapa siswa bermain handphone dan ada tiga siswa terlihat berpangku tangan dengan ekspresi lesu. Semua  merupakan penanda bahwa sekolah dan belajar merupakan kegiatan yang membosankan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan model penerapan role playing. Penerapan model ini adalah bermain peran, siswa terlibat secara aktif dengan peran yang telah dibagikan oleh guru.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar observasi keaktifan belajar siswa dan lembar observasi kegembiraan belajar siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPS 4 SMA negeri I Turen pada semester genap 2018/2019 dengan jumlah siswa 34. Data keaktifan dan kegembiraan belajar siswa murni dari hasil obervasi dengan beberapa observer yang membantu peneliti melakukan penelitian tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa setelah penerapan model role playing. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 49,85% menjadi 76,04% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil kegembiraan belajar siswa juga mengalami peningkatan hal ini terlihat dari rata- rata siklus I  50,16% menjadi 79,95% pada siklus II dan semua ketercapain tindakan ini sudah berhasil.g rendah dalam penerapan pembiayaan musyarakah. Faktor masukan dari keluarga dan kerabat juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting untuk dijadikan alasan mengapa nasabah memilih menggunakan produk pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang. Selain itu, nasabah juga mempertimbangkan faktor internal dalam keputusannya, yang di antara lain nasabah mempertimbangkan agama dan keyakinannya sebagai seorang muslim dan juga mempertimbangkan jumlah kebutuhan modal usaha yang mereka butuhkan.