KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perilaku Nasabah Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Produk Pembiayaan Musyarakah (Studi Kasus Pada Bank BTN Syariah dan Bank Muamalat Kantor Cabang Malang)

Adam Ciputra

Abstrak


ABSTRAK

Salah satu sistem pembiayaan yang diberikan oleh bank syariah adalah pembiayaan yang menggunakan akad musyarakah, akad musyarakah merupakan akad antara dua pemilik modal untuk menyatukan modalnya pada usaha tertentu. Implementasi akad musyarakah oleh bank syariah diterapkan pada pembiayaan usaha atau proyek yang di biayai oleh lembaga keuangan yang jumlahnya tidak 100%. Perilaku nasabah atau konsumen merupakan studi mengenai proses-proses yang terlibat ketika nasabah memilih menggunakan produk dan jasa suatu perbankan guna memenuhi kebutuhannya. Sebelum seorang nasabah mengambil keputusan menggunakan suatu produk tertentu, nasabah akan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya atas produk tersebut. Faktor internal merupakan faktor yang mempengaruhi seorang nasabah yang berasal dari pribadi nasabah sendiri, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang mempengaruhi nasabah yang berasal dari luar pribadi nasabah itu sendiri.

Katakunci:perilaku nasabah sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan produk

pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan prosedur pengumpulan data menggunakan metode snowball sampling dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun data ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan di pelajari, serta membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh peneliti dan orang lain. Data yang digunakan adalah hasil dari serangkaian observasi dan studi pustaka yang dilakukan di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang, serta wawancara dengan beberapa nasabah pengguna produk pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  sebelum nasabah memilih menggunakan  jasa produk pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang, mereka mempertimbangkan faktor eksternal. Hal itu dapat dijelaskan karena nasabah mempertimbangkan faktor bank syariah yang menggunakan sistem bagi hasil dan nisbah yang rendah dalam penerapan pembiayaan musyarakah. Faktor masukan dari keluarga dan kerabat juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting untuk dijadikan alasan mengapa nasabah memilih menggunakan produk pembiayaan musyarakah di BTN syariah dan Bank Muamalat kantor cabang Malang. Selain itu, nasabah juga mempertimbangkan faktor internal dalam keputusannya, yang di antara lain nasabah mempertimbangkan agama dan keyakinannya sebagai seorang muslim dan juga mempertimbangkan jumlah kebutuhan modal usaha yang mereka butuhkan.